TINGKAT KEPUASAN NASABAH MENGGADAIKAN BARANG DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG KUSUMANEGARA

ANISFATKHUR ROHMAN, NIM. 01390900 (2006) TINGKAT KEPUASAN NASABAH MENGGADAIKAN BARANG DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG KUSUMANEGARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINGKAT KEPUASAN NASABAH MENGGADAIKAN BARANG DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG KUSUMANEGARA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINGKAT KEPUASAN NASABAH MENGGADAIKAN BARANG DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG KUSUMANEGARA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi keberadaan Pegadaian Syariah Cabang Kusumanegara yang masih barn dalam kompetisi antar lembaga keuangan. Lembaga ini diharuskan untuk selalu berbenah guna meningkatkan minat masyarakat terhadap pegadaian syariah. Pegadaian Syariah Cabang Kusumanegara juga harus memperbaiki manjemen sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang bermuara pada tumbuhnya minat masyarakat untuk menggadaikan barang di Pegadaian Syariah Cabang Kusumanegara Yogyakarta. Untuk itu perlu suatu gambaran tentang perilaku konsumen dalam menggadaikan barang di Pegadaian Syariah Cabang Kusumanegara untuk mempermudah dalam mengambil kebijakan strategis. Motivasi konsumen untuk menggadaikan barang di pegadaian syariah tidak akan lepas dari beberapa faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam menggadaikan barang di Pegadaian Syariah Cabang Kusumanegara antara lain adalah nilai taksiran (jumlah nominal yang diberikan pegadaian sebagai pinjaman kepada rahin sesuai dengan nilai dari barang yang dijaminkan), nilai pengembalian (biaya yang dibebankan adalah nilai yang digunakan untuk mengambil barang jaminan dikurangi jumlah pinjaman) dan pelayanan yang meliputi pemberian pelayanan yang tepat kepada nasabah yang menggadaikan barang di pegadaian syariah. Salah satu cara mengetahui perilaku nasabah dalam menggadaikan barang adalah dengan mengetahui tingkat kepuasan nasabah dalam menggadaikan dengan mengetahui kesenjangan antara tingkat kepentingan nasabah dengan tingkat kinerja yang telah dilakukan Pegadaian Syariah Cabang Kusumanegara. Dalam menganalisis data penelitian ini digunakan metode deskriptif ' kualitatif-kuantitatif. Untuk menjawab rumusan masalah mengenai sejauhmana tingkat kepuasan nasabah terhadap kinerja Pegadaian Syariah Cabang Kusumanegara Yogyakarta, maka digunakan Importance-Performance Analysis (John A. Martila and John C. James, 1977) atau Analisis Tingkat Kepentingan dan Kinerja terhadap Kepuasan Pelanggan. Setelah melalui beberapa tahapan dalam analisis di atas maka diperoleh kesimpulan bahwa secara keseluruhan nasabah merasakan kepuasan dari pegadaian syariah. Penilaian tersebut terlihat dalam persentase penilaian yang paling tinggi adalah penilaian baik dengan 40.98% sehingga bisa dikatakan bahwa 40,98% nasabah merasa puas atas kinerja Pegadaian Syariah Cabang Kusumanegara. Dari ketiga variabel yaitu nilai taksiran, nilai pengembalian, dan pelayanan, variabel yang dianggap paling baik oleh nasabah adalah nilai pengembalian. Semua item dari nilai pengembalian masuk kuadran B dimana tingkat pelaksanaannya telah sesuai dengan kepentingan dan harapan nasabah. Sedangkan dari penilaian tingkat kesesuaian diperoleh hasil bahwa prioritas perbaikan yang harus dilakukan dilakukan pada item pegawai pegadaian melakukan komunikasi yang baik kepada nasabah dengan nilai kesesuaian temdah yaitu 85.62.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. DRS. H. FUAD ZEIN, M.A. 2. SUNARSIH, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: PEGADAIAN SYARIAH CABANG KUSUMANEGARA
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2017 11:22
Last Modified: 03 Jul 2017 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25682

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum