PEMBENTUKAN KECAKAPAN SOSIAL PADA ANAK DI KELOMPOK BERMAIN AL-HUSNA YOGYAKARTA

ENDAH WAHYUNI, NIM. 02411015 (2006) PEMBENTUKAN KECAKAPAN SOSIAL PADA ANAK DI KELOMPOK BERMAIN AL-HUSNA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KECAKAPAN SOSIAL PADA ANAK DI KELOMPOK BERMAIN AL-HUSNA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KECAKAPAN SOSIAL PADA ANAK DI KELOMPOK BERMAIN AL-HUSNA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Endah Wahyuni. Pembentukan Kecakapan Sosial pada Anak di Kelompok Bermain al-Husna Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang proses pembentukan kecakapan sosial pada anak di Kelompok Bermain al-Husna yang mencakup, penyampaian materi dan penerapan metode dalam pelaksanaan pendidikan sosial. Serta faktor pendukung dan penghambat proses pembentukan kecakapan sosial pada anak di Kelompok Bermain al-Husna Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran dari proses pelaksanaan pendidikan sosial guna membentuk kecakapan sosial pada anak di Kelompok Bermain al-Husna Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitain kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini mengambil latar di Kelompok Bermain al-Husna Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Materi yang disampaikan dalam pelaksanaan pendidikan sosial guna membentuk kecakapan sosial pada anak di Kelompok Bermain al-Husna meliputi: Dasar-dasar kejiwaan yang mulia, pemeliharaan terhadap hak orang lain, disiplin etika sosial, dan pengawasan terhadap kritik sosial. Sedangkan mengenai cara penyampaian materi tcrscbut dilakukan mclalui beberapa langkah yaitu: Menjalin kedekatan dengan anak, mendengarkan respon yang diungkapkan anak, memperlihatkan realita sosial sekitar, memberikan nasehat, dan memberikan teladan yang baik. Dan untuk metode yang diterapkan dalam pelaksanaan pendidikan sosial di Kelompok Bermain al-Husna menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, pengawasan, dan metode hukuman. Demikian materi dan metode yang digunakan dalam pelaksanaan pendidikan sosial di Kelompok Bermain al-Husna. Sedangkan proses pelaksanaannya berjalan dengan lancar dikarenakan dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor pendukung sehingga hasil yang dicapai sesuai dengan harapan. Hal ini terlihat dari perilaku anak dalam kesehariannya di sekolah yang menunjukkan perilaku sosial misalnya, bersedia berbagi mainan dengan teman, mampu memahami perasaan teman yang sedang bersedih, dan berusaha menghibumya. 2) Faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh Kelompok Bermain al-Husna dalam pelaksanaan pendidikan sosial guna membentuk kecakapan sosial pada anak adalah: a). Faktor pendukung: Diterapkannya kurikulum yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak didik, sarana dan prasarana yang memadai, adanya perhatian dan keteladan dari guru, keseimbangan jumlah guru dan anak didik. b). Faktor penghambat: keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran di kelas, latar belakang pendidikan keluarga yang berbeda-beda, kurangnya kekompakkan orang tua dengan guru. Meskipun Kelompok Bermain al-Husna memiliki beberapa faktor penghambat namun faktor-faktor tersebut masih dapat diimbanginya dengan faktor pendukung, sehingga pelaksanaan pendidikan sosial dalam membentuk kecakapan sosial pada anak di Kelompok Bermain al-Husna Yogyakarta dapat tetap berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: AL-HUSNA YOGYAKARTA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2017 13:47
Last Modified: 03 Jul 2017 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25690

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum