NILAI-NILAI TAUHID DALAM AYAT KURSI DAN METODE PEMBELAJARANNYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (SUATU TINJAUAN TEORITIK)

INDAH KHOZINATUN NUR, NIM. 02410987 (2006) NILAI-NILAI TAUHID DALAM AYAT KURSI DAN METODE PEMBELAJARANNYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (SUATU TINJAUAN TEORITIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI TAUHID DALAM AY AT KURSI DAN METODE PEMBELAJARANNYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (SUATU TINJAUAN TEORITIK))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI TAUHID DALAM AY AT KURSI DAN METODE PEMBELAJARANNYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (SUATU TINJAUAN TEORITIK))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

INDAH KHOZINATUN NUR. Nilai-nilai Tauhid dalam Ayat Kursi dan Metode Pembelajarannya dalam Pendidikan Agama Islam (Suatu Tinjauan Teoritik). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai tauhid dalam Ayat Kursi dan mengetahui metode pembelajarannya yang tepat dalam Pengajaran Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan akan memperluas wawasan penulis tentang pemahaman kandungan ayat al Qur'an melalui penafsiran beberapa ahli tafsir dan sebagai sumbangan pemikiran untuk kemajuan pengajaran PAI, terutama dalam hal metode pengajaran. „ « Penelitian ini merupakan penelitian kepuslakaan (Library Rescach) dengan menggunakan data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan analisis Tahlili Muquran dengan analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dalam Ayat Kursi banyak mengandung nilai-nilai Tauhid, yang meliputi pertama; nilai Tauhid Uluhiyah; yang menegaskan keesaan Allah SWT dan Tiada sesuatupun yang dapat menyerupaii-Nya, kedua; Nilai Tauhid Rububiyah, aspek bahwa Allah itu Penguasa alam semesta. ketiga; Nilai Tauhid Ubudiyah. yakni bahwa Allah Tempat ibadah. dimintai pertolongan, dan tujuan segala kehidupan. 2) Untuk mengajarkan Tauhid dalam Pendidikan Agama Islam dapat menggunakan beberapa metode yaitu: a) Metode Deduktif untuk mengajarkan Tauhid Uluhiyah Aspek "Allah itu Esa"; b) Metode Perumpamaan untuk mengajarkan "Allah tidak ada serupa bagi-Nya"; c) Metode Empiris untuk mengajarkan "Allah SWT itu penguasa alam semesta" tema ini dapat menggunakan teknik karya wisata; d) Metode Pembiasaan dan Keteladanan untuk mengajarkan nilai Tauhid Ubudiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mahmud Arif. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Ayat Kursi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jul 2017 15:06
Last Modified: 03 Jul 2017 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25694

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum