EKSPERIMENTASI MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN SAMPANG MADURA

SULAIHA ANNISYAROH, NIM. 02421006 (2006) EKSPERIMENTASI MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN SAMPANG MADURA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN SAMPANG MADURA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN SAMPANG MADURA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

SULAIHA ANNISYAROH. Eksperimentasi Multimedia Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MAN Sampang Madura. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan antara pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dan tanpa multimedia berbasis komputer pada siswa kelas X di MAN Sampang Madura. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Sampang Madura tahun Pelajaran 2005/2006 sebanyak 200 siswa. dalam penelitian ini diambil dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan multimedia berbasis komputer dan kelompok kontrol sebagai pembanding. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan ukuran sampel mengambil 20% dari jumlah populasi, sehingga jumlah sampel sebanayak 40 orang untuk kelompok eksperimen dan 40 orang untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, interview, observasi, dan dokumentasi. Untuk perhitungan analisis data menggunakan bantuan program SPSS. Pada uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas menunjukkan dari 40 butir soal tes seluruhnya terbukti valid, sedangkan hasil uji reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,737 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dengan menggunakan rumus t"tes", dari hasil analisis tersebut dihasilkan nilai tQ t, (3,2201,99) dengan nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen yang menggunakan multimedia berbasis komputer dalam pembelajaran bahasa Arab sebesar 84,35 dan nilai rata-rata untuk kelompok kontrol yang tidak menggunakan multimedia berbasis komputer dalam pembelajaran bahasa Arab sebesar 70,55. Karena t0 (t observasi) lebih besar dari t, (t tabel) maka dinyatakan H0 (Hipoesis Nihil) ditolak. Untuk persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas dengan rumus Kai-Kuadrat dan uji homogenitas dengan rumus analisis varian. Pada uji Normalitas terbukti data berdistribusi normal dengan hasil j2 hitung lebih kecil daripada harga kritik Kai-kuadrat dalam tabel (5.500 21,026 ). Sedangkan pada uji homogenitas sampel terbukti homogen yang dibuktikan dengan besar Fh Ft (1,454 2,84). Hasil penelitian menunjukkan :1) Multimedia berbasis komputer terbukti dapat membantu peningkatan hasil belajar siswa MAN Sampang Madura dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pada siswa kelas X. 2) Ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dan tanpa menggunakan multimedia berbasis komputer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. A. Rodli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: MAN Sampang Madura
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2017 07:55
Last Modified: 04 Jul 2017 07:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25708

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum