PELAKSANAAN KEGIATAN SAI (SIVITAS AKTIVITA ISLAMIKA) DALAM MEMBINA PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

ULUL MABARROH, NIM. 02411395 (2006) PELAKSANAAN KEGIATAN SAI (SIVITAS AKTIVITA ISLAMIKA) DALAM MEMBINA PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN KEGIATAN SAI (SIVITAS AKTIVITA ISLAMIKA) DALAM MEMBINA PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DP.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN KEGIATAN SAI (SIVITAS AKTIVITA ISLAMIKA) DALAM MEMBINA PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

ULUL MABARROH. Pelaksanaan Kegiatan SAI (Sivitas Aktivita Islamika) Dalam Membina Perilaku Keagamaan Siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil yang dicapai dari kegiatan SAI (Sivitas Aktivita Islamika) di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat menjadi rujukan bagi para guru pendidikan agama Islam, terutama dalam upaya melaksanakan pengajaran pendidikan agama Islam yang tidak hanya mencapai aspek kognitif saja, tetapi juga menyentuh aspek afektif dan teraplikasikan pada dataran psikomotorik, yang mampu berpengaruh dan membekas pada perilaku keagamaan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tujuan pembinaan perilaku keagamaan melalui kegiatan SAI di sekolah tersebut adalah untuk melatih dan membiasakan siswa dalam mengamalkan ajaran Islam yang diharapkan tumbuh rasa senang dan terdorong untuk melaksanakan ajaran Islam tanpa ada paksaan atau suruhan dari luar, justru merupakan dorongan dari dalam dirinya. Bahwasanya kegiatan SAI di SMAN 8 Yogyakarta dilaksanakan di luar jam sekolah. Adapun pelaksanaan kegiatan SAI terbagi dalam tiga divisi, yaitu: divisi ukhuwah dan budaya Islam, divisi takmir dan divisi keakhwatan. Seluruh kegiatan SAI dikoordinir oleh pengurus SAI. Sedangkan pelaksanaan kegiatan SAI di luar program tiga divisi tersebut sebagian dikoordinir oleh alumni SMAN 8 Yogyakarta yang terkabung dalam Keluarga Alumni Sivitas Aktivita Islamika (KALAM). (2) Secara keseluruhan kegiatan SAI tersebut telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat diketahui dari terealisasinya sebagian besar program keija SAI. Disamping itu keberhasilan pelaksanaan kegiatan SAI juga dapat dilihat dari pencapaian indikator keberhasilan pendidikan agama Islam yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Sebagaimana hasil yang telah dicapai dari aspek kognitif adalah siswa memiliki wawasan agama yang luas, siswa dapat membaca A1 Qur’an dengan baik dan siswa dapat menghafal materi yang diajarkan dalam kegiatan SAI dengan baik. Dari aspek afektif adalah siswa memiliki kedisiplinan dan kesadaran dalam melaksanakan ibadah shalat. Sedangkan hasil yang dicapai dari aspek psikomotrik adalah siswa mampu melaksanakan shalat dengan baik, siswa mampu mengungkapkan pendapatnya dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino. M. Ag.
Uncontrolled Keywords: SMA Negeri 8 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2017 07:59
Last Modified: 04 Jul 2017 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25711

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum