KONTRIBUSI PEMBELAJARAN AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU DELINKUEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I DLANGGU KABUPATEN MOJOKERTO JAWATIMUR

AAN EKO KHUSNI UBAIDILLAH, NIM. 03410001 (2006) KONTRIBUSI PEMBELAJARAN AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU DELINKUEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I DLANGGU KABUPATEN MOJOKERTO JAWATIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI PEMBELAJARAN AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU DELINKUEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I DLANGGU KABUPATEN MOJOKERTO JAWATIMUR)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI PEMBELAJARAN AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU DELINKUEN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I DLANGGU KABUPATEN MOJOKERTO JAWATIMUR)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

AAN EKO KHUSNI UBAIDILLAH. Kontribusi Pembelajaran Akhlak Dalam Mengatasi Perilaku Delinkuen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Dlanggu Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian m1 bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kontribusi Pembelajaran Akhlak dalam mengatasi perilaku delinkuen pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Dlanggu Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, model kualitatif, juga dikategorikan sebagai penelitian studi kasus, yang menggunakan pendekatan psikologi agama (Islam). Dalam hal penentuan sampel, penulis menggunakan sampel bertujuan (purposive sample) dengan ciri snow balling yang bertujuan untuk memperoleh variasi sebanyak-banyaknya untuk memperluas informasi sehingga inforrnasi yang ada dapat dipertentangkan dengan informasi yang lain. Dalam hal ini tidak mempersoalkan dimana atau dari siapa dimulainya, maka pemilihan tergantung keperluan peneliti. Metode Pengumpulan Data yang dipakai di dalam penelitian ini adalah; Observasi, Interviu atau Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan Analisis Data dengan menggunakan metode diskriptif analitik. Sebelum melakukan analisis dalam penelitian ini, peneliti melakukan Triangulasi yang merupakan tehnik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sumber Jain diluar data yang ada sebagai pembanding terhadap data tersebut untuk memperoleh kesatuan data . Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bahwa pelaksanaan pembelajaran akhlak pada kelas VIII SMP Negeri I Dlanggu Mojokerto selain menekankan aspek kognitif juga telah menekankan aspek afektif dan psikomotorik, hal ini terwujud dalam salah satu metode pembelajarannya menggunakan metode pemecahan masalah, selain itu sekolah juga mendukung dengan kegiatan-kegiatan yang bemuansa agama seperti istigosah. 2) Kontribusi Pembelajaran Akhlak Dalam Mengatasi Perilaku Delinkuen Pada Siswa Kelas VIII SMP N I Dlanggu secara langsung memang masih kurang terealisir dalam tataran riil di lapangan, namun paling tidak pembelajaran akhlak telah memberi mereka modal awal untuk dapat mempunyai akhlak yang baik, tentu harapan selanjutnya adalah dengan adanya akhlak yang baik maka perilaku delinkuen pada siswa dapat ditekan, untuk lebih memaksimalkan hasil Pembelajaran Akhlak Dalam Mengatasi Perilaku Delinkuen Pada Siswa Kelas VIII diperlukan kesadaran siswa, kerjasama antara guru agama, BP dan tokoh masyarakat sekitar. 3) Ada beberapa faktor penghambat pembelajaran akhlak dalam mengatasi perilaku delinkuen pada siswa kelas VIII SMP N I Dlanggu, yaitu faktor keluarga, akhlak anak bermula di rumah. Anak sejak kecil dan sebagian besar masanya berada dalam lingkungan keluarga, faktor lain adalah pribadi siswa itu sendiri yang sulit untuk berubah dan diperbaiki lewat media pendidikan formal. Faktor sekolah merupakan tempat memberi pengajaran dan pendidikan kedua setelah orangtua. Dan faktor yang terakhir adalah lingkungan, hal ini merujuk kepada peranan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran akhlag, perilaku delikuen
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Jul 2017 09:37
Last Modified: 05 Jul 2017 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25834

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum