PENGARUH PRE TES DAN POS TES TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER II SMA PIRI 1YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006

AHMAD BASORI, NIM. 01440928 (2005) PENGARUH PRE TES DAN POS TES TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER II SMA PIRI 1YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PRE TES DAN POS TES TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER II SMA PIRI 1YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PRE TES DAN POS TES TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER II SMA PIRI 1YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan pre tes dan pos tes dalam pembelajaran kimia terhadap prestasi belajar Materi Pokok Reaksi Oksidasi Reduksi dan Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Penelitian ini dilakukan di SMA PIRI 1 Yogyakarta dengan sampel sebanyak 60 siswa. Terdiri dari kelas Xo sebanyak 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XE sebanyak 29 siswa sebagai kelompok kontrol. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dalam bentuk soal pilihan ganda dan soal uraian. Validitas instrumen telah diuji dengan biserial point untuk soal pilihan ganda dan korelasi produk moment (rxy) untuk soal uraian. Sedangkan untuk mengetahui reliabilitas digunakan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis menggunakan rumus Chi-kuadrat untuk uji normalitas dan rumus uji-F untuk uji homogenitas. Pengujian hipotesis melalui uji-t dengan taraf signifikansi 5 % dcngan db - (n 1 + n2 2). Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa dari kelas yang proses pembelajarannya menggunakan pre tes dan pos tes dengan siswa dari kelas yang proses pembelajarannya tidak menggunakan pre tes dan pos tes. Diketahui pula rata-rata prestasi belajar kimia siswa dari kelas yang pembelajarannya menggunakan pre tes dan pos tes lebih baik dibandingkan rata-rata prestasi belajar kimia siswa dari kelas yang proses pembelajarannya tidak menggunakan pre tes dan pos tes. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga thitung sebesar 2,832 lebih besar dari pada t1abel = 2,0017 dengan taraf signifikansi 5 %. Berdasarkan kriteria pengujian yang ditetapkan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia untuk Materi Pokok Reaksi Oksidasi Reduksi dan Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit yang menggunakan pre tes dan pos tes memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta. Kata Kunci :pre tes, pos tes, prestasi belajar kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nurrohmah,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :pre tes, pos tes, prestasi belajar kimia
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Jul 2017 09:53
Last Modified: 05 Jul 2017 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25838

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum