PENGEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA DI SMA IT ABU DAKAR YOGYAKARTA (STUDI RELEVANSI DAN EFEKTIFITAS )

AINUR ROSYIDNH, NIM. 0143 0844 (2006) PENGEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA DI SMA IT ABU DAKAR YOGYAKARTA (STUDI RELEVANSI DAN EFEKTIFITAS ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA DI SMA IT ABU DAKAR YOGYAKARTA (STUDI RELEVANSI DAN EFEKTIFITAS ))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM MATEMATIKA DI SMA IT ABU DAKAR YOGYAKARTA (STUDI RELEVANSI DAN EFEKTIFITAS ))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai mjuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mrncapai tujuan pendidikan tertentu. Suatu kurikulum yang baik adalah dengan meningkatkan kualitas hidup, menjadikan kehidupan ke arab perlembangan positif dan mengembangkan aspek kreatif kehidupan. Untuk bisa mencapai keadaan di atas maka perlu pendekatan dan strategi yang digunakan untuk flengembangan lmrikulum. Pendekatan menunjuk pada dasar, arab, tujuan dan teknik yang ditempuh dalam memulai dan melaksanakan kegiatan kurikulum yang bertujuan melaksanakan, meugevaluasi dan menilai kurikulum yang telah ada untuk kemudian dipcrbaiki dan dilaksanakan dengan optimal, inilah yang menjadi alasan SMA IT Abu Bakar untuk mengadakan pengembangan Imrikulum Matematika. flengembangan kurikulum Matematika di SMA IT Abu Bakar adalah sejauh mana dalam pembelajaran atau penyelenggarakan pendidikan yang mengintegrasikan ayat-ayat qouliyah, kauniyah, iman, klmu, amal, ruhuniya dan jasadiyah dalam lingkungan pendidikan yang aman, nyaman dan lslami. Konsep keterpaduan dalam pendidikan, bukan sekedar keterpaduan dalam penyelenggaraan sekolah umum dan agama akan tetapi keterpaduan pengetahuan umum dan agama, tidak ada lagi pengkota -kotakan ilmu umum dan agama sehingga diharapkan dengan peo.gembangan kurikulum dapat menghasilkan nilai cukup tinggi maupun intrinsic meresap dan mengendap dalam diri siswa. Adapun prinsip-prinsip yang dipakai sebagai Jandasan pengembangan kurikulum adalah prinsip relevansi dan efektifitas. Pendidikan dapat dipandang sebagai invested of man power resources oleh k.arena itu lulusan daJri pendidikan harus memiliki relevansi dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja untuk dapat menghasilkan produk yang diinginkan. Efektifitas cfalam suatu kegiatan berkenaan dengan sejauh mana apa yang dir ncanakan dapat diinginkan atau dapat terl:aksana atau tercapai dal&m pengembangan kurikulum. Materi matematika yang mampu dikembangkan dengan keterpaduan antara matematika dan agama di SMA IT Abu Bakar diantaranya: Bentuk pangkat, .akar dan logaritma, statistic, persamaan fungsi kuadrat, peluang, sistem persamaan linierkuadrat, trigonometri, pertidaksamaan, lingkaran, logika matematika, suku banyak, trigunometri dan ruang dimensi tiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rachmadi W, MA
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, pengembangan kul'ikulum, prinsip pengembangan kudkulum.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Jul 2017 10:38
Last Modified: 05 Jul 2017 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25848

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum