STUDI KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II MTSN YOGYAKARTA I

SYARIFATUL FARIDAH, NIM.01420690 (2006) STUDI KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II MTSN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II MTSN YOGYAKARTA I)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II MTSN YOGYAKARTA I)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara gaya belajar yang meliputi: gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas II MTsN Yogyakarta I. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II MTsN Yogyakarta I tahun pelajaran 2005/2006 sebanyak 188 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik random sampling atau sampel acak. Ukuran sampel sebagaimana ditentukan oleh Suharsimi Arikunto, maka jumlah sampel yang diambil sebanyak 94 siswa atau 50% daari jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dokumentasi dan angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 30 butir angket terdapat 27 butir terbukti valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas > 0,6 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan: 1) Ada hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar visual dengan prestasi belajar bahasa Arab Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,407 yang lebih besar dari harga r tabel sebesar 0,207. 2) Ada hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar auditorial dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,378 yang lebih besar dari harga r tabel yaitu 0,207. 3) Ada hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan oleh harga koefisien korelasi parsial sebesar 0,387 yang lebih besar dari harga r tabel yaitu 0,207. 4) Ada hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik secara bersama-sama dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji signifikansi dengan nilai F hitung sebesar 16, 095 lebih besar dari harga F tabel sebesar 2,706. Dari sini dapat disimpulkan bahwa semakin tepat siswa kelas II MTsN Yogyakarta I dalam menggunakan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar bahasa Arab mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd NIP.150235954
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 05 Jul 2017 14:10
Last Modified: 05 Jul 2017 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25863

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum