URGENSI PENDIDIKAN MORAL BAGI ANAK MENURUT EMILE DURKHEIM (TELAAH KRITIS DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MORAL DALAM ISLAM)

YULIATI, NIM.03410051-02 (2006) URGENSI PENDIDIKAN MORAL BAGI ANAK MENURUT EMILE DURKHEIM (TELAAH KRITIS DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MORAL DALAM ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (URGENSI PENDIDIKAN MORAL BAGI ANAK MENURUT EMILE DURKHEIM (TELAAH KRITIS DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MORAL DALAM ISLAM))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (URGENSI PENDIDIKAN MORAL BAGI ANAK MENURUT EMILE DURKHEIM (TELAAH KRITIS DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MORAL DALAM ISLAM))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetalmi konsep pendidikan moral bagi anak menurut Emile Durkheim dan menelaahnya dengan perspektif pendidikan moral dalam Islam. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat berrnanfaat dalam mengembangkan materi Pendidikan Agama Islam sekaligus menyempurnakan konsep pendidikan moral Islam khususnya bagi usia anak sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek kajian karya­ karya Emile Durkheim mengenai pendidikan moral. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan studi pustaka. Analisa data dilakukan dengan mengungkapkan konsep serta gagasan Emile Durkheim mengenai pendidikan moral bagi anak dan meninjaunya berdasar konsep pendidikan moral Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Konsep pendidikan moral bagi anak menurut Durkheim dijelaskan terperinci. Meliputi definisi moral, tujuan moral. sumber dan metode pendidikan moral, serta urgensi pendidikan moral bagi anak. Moral merupakan suatu kaidah-kaidah yang berisi peraturan dan harus dilaksanakan oleh individu yang ada disuatu lingkungan serta mengakar menjadi kebiasaan. Tujuan pendidikan moral adalah mengembangkan keadaan mental serta batin anak agar mampu melaksanakan kaidah moral yang. berlaku. Sumber ajaran moral yang utama adalah kaidah-kaidah yang berlaku pada masyarakat, dan metode ditentukan atas dasar sifat dan karakteristik anak didik. (2) Urgensi pcndidikan moral bagi anak menurut Durkheim adalah untuk memberikan dasar­dasar moral serta mengembangkan kemampuan berpikir anak terutama dalam memahami realitas sosial. (3) Konsep pendidikan moral Durkheim memiliki relevansi atau kesesuaian dengan pendidikan moral dalam Islam. Namun dernikian ada beberapa hal yang berbeda dan bertolak belakang yaitu mengenai sumber ajaran moral dan peranan keluarga dalam pendidikan moral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karwadi, M.Ag. NIP.150289582
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 05 Jul 2017 14:56
Last Modified: 05 Jul 2017 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25870

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum