PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GANDEKAN BANTUL

NUR'AINI ROKHMAWATI, NIM.01420698 (2005) PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GANDEKAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

NUR'AINI ROKHMAWATI. Problematika Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Gandekan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap adanya problematika dan kendala yang dihadapi Madrasah Aliyah Negeri Gandekan Bantul dalam pengajaran bahasa Arab bagi siswa kelas II. Populasi penelitian ini adalah mengambil siswa kelas II Madrasah Aliyah Negeri Gandekan Bantul tahun pelajaran 2004-2005 sebanyak 153 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Ukuran sampel yaitu ditentukan sebanyak 20% dari jumlah siswa yang ada dengan hasil perhitungan 30,6. Akan tetapi untuk kepentingan pengolahan data jumlah sampel penulis bulatkan menjadi 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat problematika dalam pengajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Gandekan Bantul diantaranya; 1) Terbatasnya tenaga pengajar yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Gandekan Bantul, 2) Latar belakang pendidikan guru Bahasa Arab kelas II yang bukan berasal dari Fakultas Tarbiyah khususnya jurusan Pendidikan Bahasa Arab, sehingga kurang menguasai benar penggunaan metode pengajaran bahasa Arab, 3) Guru tidak membiasakan siswa untuk berkomunikasi dengan bahasa Arab, 4) Mayoritas siswa kelas II Madrasah Aliyah Negeri Gandekan Bantul berasal dari sekolah umum (SLTP) sehingga sama sekali belum pernah mengenal bahasa Arab, 5) Kurangnya kemauan siswa untuk mempelajari bahasa Arab terutama dalam hal muhadatsah antara siswa dengan siswa, 6) Minimnya pemahaman siswa untuk berlatih menerjemahkan kalimat-kalimat bahasa Arab, 7) Siswa kurang aktif untuk saling bertanya jawab tentang materi pelajaran ketika pelajaran berlangsung, 8) Siswa menganggap materi qawa'id adalah materi yang sangat sulit, 9) Minimnya waktu pengajaran bahasa Arab, mengingat selama satu minggu siswa hanya mendapatkan pelajaran bahasa Arab selama 2 jam, 10) Minimnya sarana atau media pembelajaran bahasa Arab, misalnya buku-buku penunjang, kamus, serta tidak adanya laboratorium bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Adzfar Ammar, MA.
Uncontrolled Keywords: PROBLEMATIKA, BAHASA ARAB, MADRASAH ALIYAH NEGERI
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 06 Jul 2017 10:46
Last Modified: 06 Jul 2017 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25905

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum