PENENTUAN KADAR VITAMIN C DALAM BUAH CIPLUKAN (PIIISALIS ANGULATA LINN.) SEBAGAI ALTERNATIF SLJMBER BELAJAR KIMIA DL MADRASAH ALIYAH

FITROH KHAERONI, NIM. 00 44 0436 (2005) PENENTUAN KADAR VITAMIN C DALAM BUAH CIPLUKAN (PIIISALIS ANGULATA LINN.) SEBAGAI ALTERNATIF SLJMBER BELAJAR KIMIA DL MADRASAH ALIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENENTUAN KADAR VITAMIN C DALAM BUAH CIPLUKAN (PIIISALIS ANGULATA LINN.) SEBAGAI ALTERNATIF SLJMBER BELAJAR KIMIA DL MADRASAH ALIYAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENENTUAN KADAR VITAMIN C DALAM BUAH CIPLUKAN (PIIISALIS ANGULATA LINN.) SEBAGAI ALTERNATIF SLJMBER BELAJAR KIMIA DL MADRASAH ALIYAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Peneiitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu periakuan terhadap kadar vitamin C yang diperoleh dalam buah ciplukan. Selain itu juga untuk mengetahui apakah proses penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sumber belajar kimia di Madrasah Aliyah atau MA Penelitian ini me!lggunakan metode eksperimen, dan teknik analisa vitamin C nya menggunakan Kmnn untuk analisis kuaiitatifnya dan untuk analisis kuantitatifnya dengan mentitrasi larutan sampel buah ciplukan yang telah diberi perlakuan suhu dengan larutan standar Iodin 0,0 I N dan indikator iarutan kanji. Periakuan variasi suhu yang di iakukan adaiah pada suhu 0, 10, 20, 30, 40, 50, 60, 70, 80, 90, dan 100° C. masing-masing diulang sebanyak tiga kaii. Data yang diperoieh dianaiisis dengan anahsis data varian satu arah dan jika diperoleh beda yang signifikan dilakukan uji lanjutan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu periakua.n berpengaruh terhadap vitamin C yang diperoleh dalam buah ciplukan. Semakin tinggi suhu perlakuan, . akan semakin banyak vitamin C yang rusak sehingga diperoleh kadar vitamin C yang semakin kecii, dan semakin rendah suhu perlakuan akan semakin sedikit vitamin C yang rusak karena vitamin C akan semakin stabil sehingga diperoh ka.dar vitamin C yang semakin tinggi. Hasii penelitian ini juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sumber be]ajar kimia di Madrasah Aliyah atau SMA pada kelas X semester 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Susy Ytinita Prabawati , M.Si
Uncontrolled Keywords: Vitamin C, Ciplukan, dan Sumber Be/ajar
Subjects: Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Jul 2017 11:31
Last Modified: 06 Jul 2017 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum