KONTRIBUSI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK DI DUSUN LEMAHBANG DESA MANGUNAN KECAMATAN DLINGO KABUPATEN BANTUL

NANANG ZAINUL ARIF, NIM.02411186 (2006) KONTRIBUSI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK DI DUSUN LEMAHBANG DESA MANGUNAN KECAMATAN DLINGO KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK DI DUSUN LEMAHBANG DESA MANGUNAN KECAMATAN DLINGO KABUPATEN BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK DI DUSUN LEMAHBANG DESA MANGUNAN KECAMATAN DLINGO KABUPATEN BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui sejauh mana kontribusi TPA Al-Ikhlas Dusun Lemahbang Desa Mangunan Kecrunatan Dlingo Kabupaten Bantul dalam pembentukan perilaku keagamaan pada anak di Dusun Lemahbang, 2) mendeskripsikan perilaku keagamaan anak setelab mengikuti proses pembelajaran di TPA Al-Ikhlas Dusun Lemahbang Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi non-partisipan, interview, dan dokumentasi. Metode yang analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yakni metode untuk menganalisa data yang bersifat non angka dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Yakni metode yang digunakan untuk menjelaskan data dalam bentuk ungkapan­ ungkapan kalimat uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keberadaan TPA Al-Ikhlas dirasakan oleh para wali satri memberikan kontribusi yang cukup berarti dalam memberikan pendidikan agama dan pembentukan perilaku keagamaan anak-anak di Dusun Lemahbang Mangunan Dlingo Bantu) yang selama ini kurang bisa diberikan di lingkungan keluarga. Hal ini dikuatkan dengan adanya data bahwa sebagian besar wali mengatakan bahwa keberadaan TPA Al-Ikhlas dapat membawa perubahan dalam pembentukan perilaku keagamaan anak-anak, 2) Ada perubahan yang cukup berarti pada diri anak-anak dalam hat pembentukan perilaku keagamaan setelah anak mengikuti proses belajar mengajar di TPA Al­ lkhlas, baik dalam hal pengetahuan agama, praktek ibadah, aqidah, moral dan terutama kemampuan membaca AI-Qur'an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag NIP.150268798
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 06 Jul 2017 15:50
Last Modified: 06 Jul 2017 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25948

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum