PEMBELAJARAN MUFRODATDENGAN PENDEKA TAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (STUDI EKSPERIMEN PENGAJARAN MUFRODAT PADA SISWA KELAS LIMA SD MUBAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)

SITIAZIZAH, NIM. 03420271 (2006) PEMBELAJARAN MUFRODATDENGAN PENDEKA TAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (STUDI EKSPERIMEN PENGAJARAN MUFRODAT PADA SISWA KELAS LIMA SD MUBAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MUFRODATDENGAN PENDEKA TAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (STUDI EKSPERIMEN PENGAJARAN MUFRODAT PADA SISWA KELAS LIMA SD MUBAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MUFRODATDENGAN PENDEKA TAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (STUDI EKSPERIMEN PENGAJARAN MUFRODAT PADA SISWA KELAS LIMA SD MUBAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk rnengungkap ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Mufrodat siswa dalam kelompok Eksperimen (kelompok yang menggunakan pendekatan Contextual Teacing and Learning ,talam pernbelajaran Mufrodat) dengan kelompok KoniTol (kelompok siswa yang tanpa menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalarn pembelajaran Jv!ufrodat) pada siswa kelas lima SD Muhamm adiyah Condon gcatur Yogyakarta. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas lima SD Muhammadiyah C nd ngcatur Yogyakarta tahun pelajaran 2005/2006 sebanyak 120 siswa, yang terdiri dan tiga kelas. Adapun leknik penarikan sample penelitian ini menggunakan rancangan ampl ing nonprobabi!ita. berupa samplrng Porposive,yang dilakukan dengan cara mengambil ubyek bukan didasarkan atas trata, random, atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Untuk sample yang diambil berjumlah dua kelas,yaitu kelas V A ebagai ke l ompok eksperime n bei]umlah 40 siswa dan kelas V C sebagai kelas kontrol be 'umlah 40 j wa. Met de pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan rnetode tes, wawancara, ob ervasi, dan dokumentasi. Dalam rangka menguji keampuhan instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji reabilitas, un :uk uji validitas yang dip nuhi adalah uji validitas isi sedangkan UJI r abllllas d ngan rnenggunakan teknik paralel atau double te.'l double trial method. Persyaratan uji anallsis data menggunakan uji nonnalitas ebaran dengan rumusKolmo orov-smirnov. sedangkan untuk uji homogenitas dilakukan dcngan rumus UJI F. analt 15 data yang dtp ka1 berupa analisis statistik dengan menggunakan uji "C. Hasil penelitian menunj ukan bahwa terdapat per edaan yang iJ:,"Tll tikan antara kemampuan hasil belajar Mufroda r dalam kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan pendekata Contextual 7' aching and Learnig daJam pembelajran Mufi·odat dengan kelompok kontTOJ (kelompok siswa yan g tanpa menggunakan pendekatan Conte.:ctual Teaching and Learnmg dalam pembelajaran Mufrodat). Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata Post-test kelompok eksperimen . Eksperimen ebesar. 76)500, sedangkan kelompok kontrol hnya sebesar 63,8750. kemudian dari rata-rata ningkatan kemampuan _ hasil belajar Mufrodat tersebut, kelompok eksperimen menunjukan peningkatan yang lebih tinggi yakni sebe ar 25,2650 sedangkan k 1 mpok kontrol hanya sebesarl0,5000. dengan melihat perbedaan skor yan g diperoleh masing-masing kelompok, menunjukan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning relevan diterapkan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar Mufrodat pada siswa kelas lima SD Muhammadiyah Condongcatur Yogya dan juga dapat dijadikan ebagai altemativ dalam pembelajran bahasa Arab guna mengatasi permasalahan yang ada dalam pembelajran Mufrodat, serta untuk membe1ikan stimulant bagi para peserta didik agar lebih tertarik dan semangat dalam belajar, juga menciptakan pembelajaran yang natural.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. Zaenal Arifin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Mufrodat, CTL
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jul 2017 08:26
Last Modified: 07 Jul 2017 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum