PENDEKATAN BEHAVIORISTIK SKINNER DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK (KAJIANMETODEPEMBEJAJARANAKBLAKANAK USIA BERDAW'KAN KURIKULUM DEPARTEMEN AGARNA)

MUH NAWAWI B, NIM. 99 414 615 (2006) PENDEKATAN BEHAVIORISTIK SKINNER DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK (KAJIANMETODEPEMBEJAJARANAKBLAKANAK USIA BERDAW'KAN KURIKULUM DEPARTEMEN AGARNA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN BEHAVIORISTIK SKINNER DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK (KAJIANMETODEPEMBEJAJARANAKBLAKANAK USIA BERDAW'KAN KURIKULUM DEPARTEMEN AGARNA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN BEHAVIORISTIK SKINNER DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK (KAJIANMETODEPEMBEJAJARANAKBLAKANAK USIA BERDAW'KAN KURIKULUM DEPARTEMEN AGARNA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pendekatan behavioristik Skinner dalam pembelajaran akhlak anak usia prasekolah berdasarkan kurikulum Departemen Agama, meliputi: (1) Munculnya teori belajar dan konsep pembelajaran behaviorisme Skinner, (2) Perkembangan akhlak dan nilai-nilai agama anak usia prasekolah, (3) Pembelajaran akhlak anak usia prasekolah berdasarkan kurikulum Departemen Agama, (4) Strategi pembelajaran akhlak anak usia prasekolah, (5) Pendekatan behavioristik Skinner dalam pembelajaran akhlak anak usia prasekolah berdasarkan kurikulum Departemen Agam a. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Objek penelitiannya adalah adaptasi pendekatan behaviorisme Skinner dalam pembelajaran akhlak anak usia prasckolah berdasarkan kurikulum departemen agama, yaitu dengan pendekatan analisis tekstual (texstual analysis) dan analisis kontekstual (conlexstual analysis). Data diperoleh melalui data primer dan data sckunder yang relevan dengan pembahasan penclitian kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: adaptasi pendekatan behaviorisme Skinner dalam pembelajaran akhlak anak usia prasekolah pada kurikulum Departemen Agama cocok untuk digunakan bagi para pendidik. Untuk mencapai hal itu, guru dapat menggunakan materi pembelajaran akhlak yang sudah ada dalam kurikulum departemen agama, yaitu: akhlak kepada Allah, manusia dan lingkungan. Agar model pembel<tiaran anak bervariasi guru dapat memilih salah satu strategi pembelajaran akhlak yang tepat, diantaranya: pengalaman, ceritera, pembiasaan, keteladanan, dan sugesti serta menciptakan sistem pengkondisian pembelajaran dengan mengoptimalkan penguatan (reinforcement) untuk tujuan pembelajaran akhlak anak. Sehingga anak mampu berperilaku dan bersikap yang bermuara pada akhlak terpuji dan penanaman nilai-nilai agama dalam hidup sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Usman, SS., M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Behavioristik Skinner, pembelajaran akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jul 2017 10:22
Last Modified: 07 Jul 2017 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25991

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum