MANAJEMEN LEMBAGA MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA (Telaah atns Fungsi Planning dan Actuating Tenaga Kependidikan)

I'IB HABIBAH IM., NIM. 00470505 (2005) MANAJEMEN LEMBAGA MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA (Telaah atns Fungsi Planning dan Actuating Tenaga Kependidikan). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN LEMBAGA MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA (Telaah atns Fungsi Planning dan Actuating Tenaga Kependidikan))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN LEMBAGA MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA (Telaah atns Fungsi Planning dan Actuating Tenaga Kependidikan))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Pelaksanaan pendidikan merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa Indonesia. Dalam prakteknya, masyarakat ikut terlibat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, tidak hanya dari segi materil maupun moril, namun telah ikut serta memberikan sumbangsih kepada dunia pendidikan. Pondok Pesantren sebagai salah satu pendidikan non formal yang dibentuk oleh masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan Islam. Tujuannya adalah menambah khazanah pengetahuan bagi masyarakat dalam memperdalam ilmu agama Islam baik inelalui kajian kitab klasik maupun kitab kontermporer. Melihat realita yang ada, pendidikan formal belum mampu memberikan ilmu agama secara rinci kepada siswa-siswi sekolah tersebut. Maka dari itu, penyelenggaraan proses pendidikan di Pondok Pesantren tetap diperlukan oleh masyarakat. Hal tersebut tentu tidak lepas dari manajemen pendidikan selaku proses optimalisasi kegiatan-kegiatan. Dengan memanfaatkan sumber­ sumber yang ada berupa Man, Material dan Money melalui perencanaan yang sistematis kemudian dilaksanakan sesuai program agar tercapai tujuan yang diharapkan oleh organisasi. Maka dari itu, peneliti mengambil obyek penelitian di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede sebagai sub sistem pendidikan Islam di Pondok Pesantren Nurul Ummah . Tulisan ini menitik beratkan pada proses manajemen yang ada, terutama dalam penggunaan fungsi planning dan fungsi actuating tenaga kependidikan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede. Karena pengelolaannya lebih terfokus pada satu lembaga dibanding Pondok Pesantren yang ada di Yogyakarta. Dari tulisan ini diharapkan , adanya kemajuan proses pendidikan Islam di Pondok Pesantren Nurul Ummah terutama dalam menerapkan manajemen pendidikan melalui aplikasi fungsi - fungsi manajemen, agar pendidikan erselenggara secara efektif dan efisien dan tujuan organisasi dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen Madrasah Diniyah, Nurul Ummah, Kotagede Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jul 2017 15:10
Last Modified: 07 Jul 2017 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26001

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum