PEMBELAJARAN AL-QIRA'AH BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES (Telaah atas Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kompetensi Madrasah Aliyah)

MUHAMMAD SHIROJUDIN, NIM. 02421462 (2006) PEMBELAJARAN AL-QIRA'AH BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES (Telaah atas Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kompetensi Madrasah Aliyah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

MUHAMMAD SHIROJUDIN. Pembelajaran Al-Qira'ah Berbasis Multiple Intelligences (Telaah atas Kurikulum Bahasa Arab Berbasis Kompetensi Madrasah Aliyah Departemen Agama). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan atau muatan prinsip multiple intelligences pada kurikulum bahasa Arab berbasis kompetensi Madrasah Ali yah untuk bidang al-Qira' ah guna memungkinkan realisasi pembelajaran alQira 'ah berbasiskan multiple intelligences di kelas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para guru bahasa Arab menemukan dasar pijakan dalam mengajarkan al-Qira 'ah secara variatif dengan mengacu pada kurikulum yang ada dan berlandaskan pada teori multiple intelligences. Kegunaan yang lain adalah untuk menjadikan perhatian dan pertimbangan para penyelenggara pendidikan, baik pemerintah maupun swasta, dalam menyusun silabus dan rencana pembelajaran bahasa Arab, khususnya al-Qira 'ah, serta dalam pengembangan dan penyempumaan kurikulum bahasa Arab berbasis kompetensi. Penelitian ini berbentuk library research atau penelitian pustaka terhadap komponen kurikulum sebagaimana terdapat dalam dokumen kurikulum bahasa Arab herbasis kompetensi Madrasah Aliyah Dcparteman Agama dcngan didukung data dari khazanah literatur tentang multiple intelligences dan penerapannya dalam pembelajaran serta tentang al-Qira 'ah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan dokumentasi terhadap sumber data yang dimaksud. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah content analysis dengan teknik analisa deskriptifkualitatif dengan persentase dan menggunakan pola pikir induktif-deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumusan kurikulum al-qira 'ah yang terdapat dalam dokumen kurikulum bahasa Arab berbasis kompetensi Madrasah Aliyah, sebagaimana tercermin pada komponennya, kurang berwawasan prinsip multiple intelligences. Dalam empat komponen kurikulum yang ada, hanya evaluasi pembelajaran al-qira 'ah yang mencapai derajat cukup berwawasan multiple intelligences. Sedangkan tujuan, materi, dan strategi pembelajaran al-qira 'ah masuk kategori kurang berwawasan multiple intelligences. Hal tersebut sebagai cerminan bahwa muatan prinsip multiple intelligences untuk pembelajaran al-qira 'ah dalam dokumen kurikulum bahasa Arab berbasis kompetensi kurang memadai. Varian profil inteligensi peserta didik tidak banyak dimuat dalam rumusan kurikulum terse but.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Zainal Arifin Ahmad, M. Ag
Uncontrolled Keywords: bahasa, alquran, bahasa arab, multiple intelligences
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 08:21
Last Modified: 13 Jul 2017 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26015

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum