STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR ILMU NAHWU ANTARA PESANTREN IBNU MAS'UD DENGAN PESANTRENRASYIDIYAHKHALIDIYAH KALIMANTAN SELATAN

MUHAMMAD YASSIR FAHMI, NIM. 00420361 (2006) STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR ILMU NAHWU ANTARA PESANTREN IBNU MAS'UD DENGAN PESANTRENRASYIDIYAHKHALIDIYAH KALIMANTAN SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

MTs Ibnu Mas'ud Putera dan MTs Normal Islam Putera Rasyidiyah Khalidiyah yang berlokasi tli 1 alimantan Selatan menerapkan suatu pendekatan pembelajaran Bahasa Arab yang disebut clengan pendekatan Nazdariyatul Furu '. Oleh Karena ilu l lmu Nnhwu sebagai salah satu unsur dari Bahasa Arab merupakan abang k ilmuan yang dipelajari secm·a independen dari unsur-unsur Bahasa Arab yang la·in. WaJaupun pembelajaran Bahasa Arab kedua Lembaga Pendidikan Islam 1111 111 mpunyai persamaan dalam melihat pendekatan pembelajaran namun mcrcka mempunyai sislen1 pembelajaran Jlmu Nahwu (Bahasa Arab) yang berbeda salu clengan yang lainnya. Perbedaan sistem pembelajaran llmu NallWLJ duri kcdua MTs ini tentunya juga membuat basil pembelajaran atau prestnsi pemt elajaran llmu Nahwu yang berbeda. Perbedaan basil pembelaJnran ini menarik unluk ditcliti karena di dalam setiap perbedaan ten tun a dapat eli I ihat adanya kekurangan juga kelebihan dan setiap kekurangan dan l elebihan l ntunya juga disebabkan atau dipengaruhi oleh fa l·tor tcrtentu. Jntuk men •etahui pcnnnsalahan ini dilakukan penelitian dengan Jnl:nggunakan mcltKh:: l·omparasi. Dcngu:1 pcrtimbangan efesiensi dipilihlah santri I L'las 11 clari k0dua lfTs unluk diji.tdikan subyek penelitian eli samping itu juga mereka ndalah orung 'a ng bmu hdujur llmu Nah\\'u sehingga keberhasilan pada t< hap awol lcbih p · r-i n· I 111 11 1k linilai. Studi komparati( lerhadap prestasi bel jat llmu N. h ·u 1111 bcr!UJlli.lll untul n11.:ng •tahui hHgumwn.l pcrbcdnnn husil belajar Jlmu Nnhwu dnri kcdm1 MTs khususnya pada snn tri kdas ll ditinjau dari 't.:gl k lchihan dnn kehwu g:mn a d:lll upu vunl:l m ·m )t!ll 1aruhi lwsil da;-i prestasi b laj,tr ll:r<;cbut ( I 'h ktu-.:~na itu da!um p·n ·lit tan :111 thpcrlukan :malisi · kuamitatif mengukur angka yang mcru p.1kun rL'prl:Sl!ntasi dar i pn;sl sr bclaJm disamping analisis kualitatif yang juga sangat dibutuhkan dalam pcnclitian ini dalam menganalisis bahasa ( isti Ia h) dan lain-lain. Pada akhir pcnelitian ini didapal kcsimpulan bahwa prestasi bebjar Ilmu Nahwu santri II MTs lbnu Mas'ud lcbih baik dari santri kclas II MTs Normal Islam Putera Rasyidiyah Khalidiyah. Pcrbcdaan pn:stasi ini disebabkan perbedaan sistem pembelajaran yang sangat menonj\)l 1 atlt aspek 111 l d logi pcmbelajnran dan lingkungan belajar yang bcrbeda satu lcngan ya ng lain padu kedua MTs. Perbedaan prestasi belajar y~1n g diha ilkan dari kedua Madrasah Tsanawiyab ini dapal 111 njadi bahan kajian umuk meningkatkan prestasi belajar yang lebih bai l khusu ·nya clalam p · rnbe lajaran llmu Nahwu. B gitu juga dapal m~.::njadi bal tcU per limb<. ng:rn dan pcmikiwn untuk m mhuat si l m pendidil<an 'ang Jebih maju khns ISI1 . ' untuk k ·majuan dunia pendidikan eli Kalimantan Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. syamsuddin Asyrofi
Uncontrolled Keywords: bahasa arab, kalimantan selatan, ibnu mas'ud
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 08:25
Last Modified: 13 Jul 2017 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum