PEMBELAJARAN MATEMA TIKA DENGAN PENDEKA TAN KONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS Vill SMP MUHAMrdAillYAH PAYAMAN MAGELANG

NURUL FITRI TURFA'UL ULYA, NIM. 00430352 (2005) PEMBELAJARAN MATEMA TIKA DENGAN PENDEKA TAN KONTEKSTUAL DALAM POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS Vill SMP MUHAMrdAillYAH PAYAMAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Payaman Magelang pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel ditinjau dari keterlaksanaan tujuh ko.mponen kontekstual dan respon siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. lnstrumen yang digunakan adalah peneliti dengan bantuan lembar observasi, pedoman wawancara, angket dan dokumen. Lembar observasi merupakan sumber utama untuk mengetahui keterlaksanaan tujuh komponen kontekstual dalam pembelajaran. Pedoman wawancara disusun untuk menanyakan hal-hal yang tidak atau kurang jelas diamati pada saat observasi. Angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan cara: Reduksi data, Triangulasi, Display data ke dalam bentuk tabel dan kesimpulan. Data yang diperoleh dikategorikan ke dalam kategori persiapan pembelajaran, pelaksanaan dan respon siswa. Persiapan yang berhasil dilakukan adalah menyiapkan buku siswa yang sesuai dengan prinsip konstruktivisme, lembar masalah dan alat peraga. Pelaksanaan pembelajaran telah menerapkan tujuh komponen kontekstual yang meliputi: ( 1) Konstruktivisme, hal ini terlihat dari siswa mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri yaitu dengan bantuan dari buku, Guru tidak mendominasi kelas, siswa banyak diberi kesempatan untuk bertanya, dan mengajukan pendapat. (2) inquiry, guru menyediakan lembar masalah kontekstual yang beris~ soal yang mengarahkan siswa unt.1k menemukan materi yang dipelajari, guru banyak memberi waktu untuk memecahkan masalah sendiri. (3) Questioning, siswa bertanya pada guru dan temannya. (4) Learning Community berupa dibentuknya kelompok. (5) Modelling dilakukan dengan menggunakan alat peraga yaitu kertas karton berpetak untuk mengambar grafik dan pemberian contol. cara penyelesaikan soal. (6) Reflection ditul'jukkan dengan siswa memperoleh pengetahuan baru berupa metode grafik, eliminasi, substitusi dan mampu membuat hubungan antara pengetahuan baru dengan kehidupan sehari-hari. (7) Authentic Assesment terlihat dari guru memberikan penilaian pada saat pembelajaran, tugas dan ulangan harian. Respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual ini sangat positif, dari angket dapat diketahui bahwa dengan pendekatan yang baru ini sebanyak 81,5% menyatakan semakin mudah memahami materi, dan sebanyak 94,7% rnenyatakan senang belajar maternatika, sedang 94,7% menyatakan senang belajar kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sugiyono, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan kontekstual, tujuh komponen kontekstual
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 10:37
Last Modified: 14 Jul 2017 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26047

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum