NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM AJARAN SAMIN SUROSENTIKO MENURUT PANDANGAN PENDIDIKAN ISLAM

Afid Burhanuddin, NIM. 02411147 (2006) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM AJARAN SAMIN SUROSENTIKO MENURUT PANDANGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM AJARAN SAMIN SUROSENTIKO MENURUT PANDANGAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM AJARAN SAMIN SUROSENTIKO MENURUT PANDANGAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam ajaran Samin Surosentiko dan mengetahui relevansi ajaran Samin Surosentiko tersebut dengan Pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumbangan pemikiran dalam perkembangan wacana pendidikan Islam dan sebagai sumbangan informasi bagi siapa saja yang berusaha menelaah dan menekuni lebih dalam mengenai kebudayaan Jawa, khususnya ajaran Samin Surosentiko dan perkembangan yang dianut oleh masyarakat Samin. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan antropologi. Pengumpulan data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan instrumen analisis deduktif dan interpretatif. Hasil Penelitian, 1) Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam ~aran Samin Surosentiko yakni pendidikan tentang semangat pembebasan; pendidikan tentang rasa kebersamaan, persaudaraan dan persamaan; pendidikan etos kerja; pendidikan lingkungan hidup; pendidikan akhlak atau budi pekerti. 2) Relevansi ajaran Samin Surosentiko dengan pendidikan Islam yakni terletak pada aspek lujuau, aspc:k mduJc: Jau aspc:k malc:ti. Tujuau Jari pc:uJiJikau Samin Surosentiko adalah untuk menjadikan manusia yang utama (atmaja lama). Adapun metode yang digunakannya adalah metode prihatin atau semedi, metode pembiasaan, metode tauladan, metode cerita, dan metode sangsi atau hukuman. Sedangkan materi pendidikan dalam ajaran Samin adalah materi akhlak, moral dan pengelolaan lingkungan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, ketiga aspek tersebut di atas tidak ada pertentangan secara signifikan dengan pendidikan Islam atau dengan kata lain terdapat relevansi antara pendidikan Samin Surosentiko dengan Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Abd. Shomad, MA 2. Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan, Ajaran Samin Surosentiko, Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jul 2017 08:11
Last Modified: 20 Jul 2017 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26051

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum