ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP TSUNAMI (Studi Kasus pada Harga Saham Perusahaan-perusahaan yang Terdaftar pada Jakarta Islamic Index dan Perusahaan-perusabaan yang Tidak Terdaftar pada Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Jakarta)

LUK LUK UL KAMALIYAH, NIM.01390714 (2005) ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP TSUNAMI (Studi Kasus pada Harga Saham Perusahaan-perusahaan yang Terdaftar pada Jakarta Islamic Index dan Perusahaan-perusabaan yang Tidak Terdaftar pada Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Jakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP TSUNAMI (Studi Kasus pada Harga Saham Perusahaan-perusahaan yang Terdaftar pada Jakarta Islamic Index dan Perusahaan-perusabaan yang Tidak Terdaftar pada Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Jakarta))
BAB I,V, DP.pdf - Published Version

Download (27MB)
[img] Text (ANALISIS REAKSI PASAR TERHADAP TSUNAMI (Studi Kasus pada Harga Saham Perusahaan-perusahaan yang Terdaftar pada Jakarta Islamic Index dan Perusahaan-perusabaan yang Tidak Terdaftar pada Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Jakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB)

Abstract

Pasar dikatakan efisien jika pasar tersebut bereaksi dengan ccpat dan akurat untuk mencapai harga keseimbangan baru yang sepcnuhnya mencerminkan informasi yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana reaksi pasar modal Indonesia terhadap peristiwa bencana tsunami yang terjadi di propinsi Nangroe Aceh Darussalam dan di propinsi Sumatra Utara pada tanggal 26 Desember 2004 dengan menggunakan parameter abnormal return (AR). Variabel yang digunakan adalah harga saham perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index dan harga saham perusahaan-perusahaan yang tidak terdaftar di Jakarta Islamic Index. Sampel yang digunakan adalah 20 perusahaan yang konsisten terdaftar di Jakarta Islamic Index dan 20 perusahaan yang tidak terdaftar di Jakarta Islamic Index yang indeksnya masuk pada Indeks Harga S(lham Gabungan dan diambil secara acak dengan metode purposive sampling . Periode pengamatan yang digunakan adalah 7 hari, yakni 3 hari sebelum peristiwa, satu hari peristiwa dan 3 hari sesudah peristiwa. Perhitungan abnormal return-nya menggunakan metode market adjusted model, sehingga tidak menggunakan periode estimasi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : (1) Kedua harga saham yakni harga saham perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index dan harga saham perusahaan yang tidak terdaftar di Jakarta Islamic Index terpengaruh dengan terjadinya tsunami ; (2) Diduga bahwa kedua indeks tersebut yakni Jakarta Islamic Index adalah tidak sama besamya terpengaruh dengan tsunami Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan harga sahrun masing-masing kelompok sebelum dan sesudah peristiwa bencana tsunami. Artinya harga saham perusahaan-perusahaan yang tcrdaftar di Jakarta Islamic Index dan harga saham perusahaan-perusahan yang tidak terdaftar di Jakarta Islamic Index sebelum dan sesudah terjadinya tsunami adalah sarna. Sedangkan untuk hipotesis kedua didapatkan hasil bahwa antara perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index dan perusahaan-perusahaan yang tidak terdaftar di Jakarta Islamic Index besar terpengaruhnya terhadap tsunami adalah sama, tidak ada perbedaan yang signifikan diantara keduanya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DRS. IBNU QIZAM, SE., M.Si., Akt. NIP.150182698
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 11:16
Last Modified: 10 Jul 2017 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26053

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum