PENGARUH PENERAPAN HUKUMAN TERHADAP MOTIVASI SANTRIWATI DALAM KOMUNIKASI BERBAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN ANNAJAH PEBAYURAN BEKASI

PUSPITASARI, NIM. 01420839 (2005) PENGARUH PENERAPAN HUKUMAN TERHADAP MOTIVASI SANTRIWATI DALAM KOMUNIKASI BERBAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN ANNAJAH PEBAYURAN BEKASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertt~juan untuk mengetahui bagaimana pelaksamtan penerapan hukmnan dan seberapa jauh pengarulmya terhadap motivasi santriwati dalam konumikasi berbahasa Arab di Pondok Pesantren Ainlltjah Pebayuran Bekasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dan pendekatannya adalah pedagogis dan psikologis. Adapun jumlah populasi sebimyak 94 orang santriwati kelas I dan II Madrasah Tsanawiyah:, k.arena yang met~jadi subyek dalam penelitian ini adalah khwmc; santriwati yang pemah melanggar clisiplin berbahasa, lTh'lka setelah peneliti melakukan t~ji coba jumlah respondcn berjumlah 78 orang. Metode pengtuupulan data yang digunakan adalah obscrvasi, angket, interview, dan dohuuentasi. Ailltlisis data yang digmlltkan adalah rumw; persentase dan regresi lituer sederlllnl.t.1 dengan alat bantu SPS edisi Sutrisno Hadi dan Ytmi Pmru:trdittingsih. Sebelunt diadakan analisis data, terlebih dahulu dit~ji dengan uji tionnalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian memu~jukkan bahwa : ( 1) Huk.l.lnllm perlu diterapk.an di Pondok Pesantren Annajah karena mempnnyai pengamh posilif terhadap motivasi santriwati dalam komunikasi berballltsa Arab. (2) Jenis huktumm yang diberikan kepada santriwati sudah memenuhi persyaratan., bersifat intelektual dan edukatif. (3) Sautriwati kelas I dan II Madrasah Tsatlltwiyah Poudok Pesautren Ann...1.jah Pebayuran Bek.asi memptutyai motivasi yang tinggi dalam konumikasi berbahasa Arab. (4) Hasil perhittmgau regresi diperoleh harga F hitrmg ( 10,303) > F tabel (0, 151) pada taraf sig:rufikansi 5 %. Artinya Hipotesis altematif (1-f.a) diteritrut, yang berbmtyi " Penerapan hukuman berpengamh positif terh.adap motivasi santriwati clalam k.omurukasi berbalmsa Arab di Pondok Pesantreu Aruwjah Pebayuran Bekllsi " dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak yang berbunyi "Penerapan hukmmm tidak. berpengamh JX)sitif terhadap motivasi santriwati dalam k.omtuukasi berbarutsa Arab eli Pondok Pesantren Annajah Pebayuran Bek.asi", tetapi sumbangan k.orclasinya rendah atau 1etru:th karena r hittmg yang diperoleh sebesar 0,346. Sedangk.an h.arga koetl.sien detennitmsinya (R2 ) sebesar 0,119. Ini berarti bahwa adanya pengaruh antara penerapan huhumm terl1.adap motivasi santriwati dalam kommukasi berballltsa Arab hanya sebesar 11,9 %, sed.angkan 88,1 % dipengaruhi oleh variabellain yang tirutk diungkaplam dalam penelitian itu seperti pembiasa.an, pujian, rum h.adiah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Zainal Arifin, A, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pondok pesantren, pembelajaran bahasa arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 11:12
Last Modified: 14 Jul 2017 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26055

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum