KESIAPAN PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DISMPN ITAWANGSARI SUKOHARJO

REDES SUDANI RAHMANTO, NIM. 00410329 (2005) KESIAPAN PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DISMPN ITAWANGSARI SUKOHARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

REDES SUDANI RAHMANTO. NIM: 00410329. Kesiapan Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Berbaisis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan ARama Islam di SMP N I TawanRsari, Sukoharjo. Skripsi . Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana upaya dari SMP N I Tawangsari untuk implementasi kurikulum berbasis kompetensi dan mengetahui bagaimana kesiapan pendidik dan pcserta didik dalam menghadapi perubahan kurikulum yaitu kurikulum berbasis kompetensi mata pelajaran pendidikan agama Islam, dengan melihat usaha-usaha atau upaya-upaya yang dilakukan untuk menyukseskan penerapan kurikulum berbasis kompetensi khususnya pendidikan agama Islam di SMP N I Tawangsari kelas satu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan persiapan-persiapan yang harus dilakukan oleh sekolah pendidik dan peserta didik agar pembelajaran dengan kurikulum berbasis kompetensi bisa sempurna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil Jatar Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, angket, wawancara dan observasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan sumber, yaitu dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang dipcrolch mclalui waktu dan alat yang bcrbcda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ( 1 ) Berbagai upaya telah dilakukan oleh SMP N J Tawangsari dalam meningkatkan penyuksesan implemenlasi kurikulum berbasis kompetensi baik dari Kepala Sekolah, Pendidik, Peserta didik maupun fasilitas belajar mengajar. Hal ini menunjukkan bahwa SMP N I Tawangsari telah siap dalam menyukseskan penerapan KBK. ( 2 ) Kesiapan pendidik pendidikan agama islam terlihat sangat bagus dalam penerapan kurikulum berbasis kompetensi dengan melihat bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas satu dan usaha- usaha yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kurikulum berbasis kompetensi. Walm.lpun ada yang belum sempurna dan masih harus ada peningkatan secara berkesinambungan. ( 3 ) Kesiapan peserta didik kelas satu untuk mcngikuti pclajaran agama Islam dalam penerapan kurikulum berbasis kompetensi mempunyai potensi yang besar dengan melihat dari pengetahuan tentang kurikulum secara definisi, kedisiplinan dalam mengikuti pembelqjaran, dan keaktifan peserta didik untuk memahami pelajaran di kelas maupun luar kelas, serta diiringi minat dan motivasi dalam belajar untuk memperoleh prestasi dan santun dalam perilaku yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Arif, M. Ag
Uncontrolled Keywords: pendidikan, agama islam, kesiapan pelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 11:24
Last Modified: 14 Jul 2017 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26059

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum