PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI KOTA YOGYAKARTA

Ari Winarto, NIM. 99414142 (2006) PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI KOTA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI KOTA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ARI WINARTO. Pembelajaran Al-Quran di SD Muhammadiyah Sokonandi Kota Y ogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan tmtuk mendiskripsikan pembelajaran Al-Quran di SD Muhammadiyah Sokonandi Kota Yogyakarta, keberhasilan yang telah dicapai, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran Al-Quran. Subyek penelitian ini adalah siswa SD Muhammadiyah Sokonandi kelas I A dan II A tahun pelajaran 2005 I 2006, kepala sekolah dan guru program plus SD Muhammadiyah Sokonandi. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran Al Quran di SD Muhammadiyah Sokonandi terdiri dari komponen-komponen yang saling berkaitan. Komponen tersebut adalah tujuan, materi, peserta didik, pendidik, metode, sarana dan prasarana, evaluasi, dan lingkungan. (2) Dari hasil pembelajaran. Al-Quran di SD Muhammadiyah Sokonandi yang mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar berjumlah 80%. Hafalan surat- surat pilihan dalam Al-Quran belum berhnsil dengan bukti dari seluruh siswa belum ada yang hafal juz 30 secara keseluruhan dalam waktu kurang lebih 1 tahun. Untuk penerjemahan bahasa Arab ke bahasa Indonesia dllakukan sekaligus pada saat s1swa menulis tulisan arab yang kemudian diikuti makna dan artinya. Faktor pendukung pembelajaran AI- Quran adalah sikap disiplin staf pengelola kelas, birokrasi, maupun guru dalam menjalankan kewajibannya, guru-guru pembelajaran Al-Quran yang penuh kreat1f dan kompeten dalm bidangnya, siswa-siswa yang cerdas. Faktor penghambalnya adalah perbedaan perbedaan latar belakang siswa, masa peralihan dari TK ke SD bagi yang kelas satu, kondisi ruang kelas yang panas, pengawasan hafalan ayat-ayat Al-Quran yang belum efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Hj. Susilaningsih, MA 2. Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: al Qur'an, SD Sokonandi
Subjects: al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jul 2017 08:13
Last Modified: 20 Jul 2017 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26086

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum