PERBANDINGAN TINGKAT PENGEMBALIAN DAN RISIKO SAHAM ANTARA PERUSAHAAN YANG KONSISTEN DAN YANG TIDAK KONSISTEN DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di JII Tahun 2004-2006

SITI ZULAIHAH, NIM.04390040 (2008) PERBANDINGAN TINGKAT PENGEMBALIAN DAN RISIKO SAHAM ANTARA PERUSAHAAN YANG KONSISTEN DAN YANG TIDAK KONSISTEN DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di JII Tahun 2004-2006. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN TINGKAT PENGEMBALIAN DAN RISIKO SAHAM ANTARA PERUSAHAAN YANG KONSISTEN DAN YANG TIDAK KONSISTEN DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di JII Tahun 2004-2006)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN TINGKAT PENGEMBALIAN DAN RISIKO SAHAM ANTARA PERUSAHAAN YANG KONSISTEN DAN YANG TIDAK KONSISTEN DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di JII Tahun 2004-2006)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim mendukung berkembangnya investasi secara syari'ah. Salah satu jenis investasi yang bisa dilakukan adalah investasi pada saham. Jakarta Islamic Index merupakan tolok ukur (benchmark) dari indeks yang berbasis syari'ah. Saham-saham yang bisa masuk dalam Jakarta Islamic Index harus melewati proses penyaringan yang dilakukan oleh Dewan Syari'ah Nasional (DSN). Hasil dari proses screening nantinya akan menghasilkan perusahaan-perusahaan yang konsisten dan perusahaan yang tidak konsisten dalam setiap periodenya, walaupun perusahaan­ perusahaan tersebut merupakan perusahaan kategori dari saham syari'ah. Penyebab eluar masuknya perusahaan tersebut karena DSN akan mengevaluasi setiap 1 periode (6 bulan) JII. Perusahaan yang konsisten ataupun perusahaan yang tidak konsisten pasti mempunyai tingkat keuntungan dan risiko yang harus dipertimbangkan bagi setiap investor yang akan berinvestasi pada saham yang berbasis syari'ah. Penelitian ini menguji tingkat keuntungan dan risiko saham dan portofolio antara perusahaan yang konsisten dan perusahaan yang tidak konsisten pada industri manufaktur. Alasan penggunaan industri manufaktur adalah karena perusahaan manufaktur memiliki jumlah perusahaan yang relatif banyak, industri manufaktur masih banyak diminati investor meski kondisi perekonomian Indonesia mengalami masa krisis karena industri manufaktur sebagian besar adalah memproduksi barang-barang kebutuhan dasar yang masih menjadi prioritas utama dalam kondisi perekonomian seperti ini. Penelitian ini Menggunakan metode pengamatan tahun 2004-2006 (6 periode JII). Hasilnya ada 7 perusahaan yang konsisten dan banyak perusahaan yang tidak konsisten dalam setiap periode pengamatan yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Analisa yang digunakan adalah menghitung return rata-rata harian saham dilanjutkan dengan menghitung standar deviasi return rata-rata harian saham. Kemudian menghitung return portofolio dan risiko portofolio. Hasil analisa yang didapat menunjukkan bahwa dari semua perhitungan yang telah dilakukan kondisi perusahaan yang konsisten lebih baik daripada perusahaan yang tidak konsisten. Analisa yang terakhir rnenggunakan uji statistik uji beda Independent Sample t-test, dengan menggunakan alat bantu software SPSS versi 10. Uji beda dilakukan guna menjelaskan apakah ada perbedaan return dan resiko (saham dan portofolio) yang signifikan antara perusahaan yang konsisten dan perusahaan yang tidak konsisten. Hasil analisa menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan return (saham dan portofolio) dan risiko (saham dan portofolio) yang signifikan antara perusahaan yang konsisten dan perusahaan yang tidak konsisten pada Jakarta Islamic Index.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sunaryati, SE.,M.Si NIP.150321645
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 14:39
Last Modified: 10 Jul 2017 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26098

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum