PENDIDIKAN SOSIALISME INDONESIA OLEH PEMERINTAHAN IR. SOEKARNO (1961-1966) (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam)

AMRONI NIM. 04410832 , (2009) PENDIDIKAN SOSIALISME INDONESIA OLEH PEMERINTAHAN IR. SOEKARNO (1961-1966) (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN SOSIALISME INDONESIA OLEH PEMERINTAHAN IR. SOEKARNO (1961-1966) (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam))
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN SOSIALISME INDONESIA OLEH PEMERINTAHAN IR. SOEKARNO (1961-1966) (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (593kB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan memang tidak bisa terlepas dari tujuan negara atau pemerintah. Pada masa kepemimpinan bung Karno, pemerintahannya menginginkan pembentukan masyarakat sosialis Indonesia. Untuk itu, tujuan pendidikan disesuaikan dengan tujuan negara. Walaubagaimanapun, hal ini dianggap penting karena dengan adanya penyesuaian tujuan pendidikan dengan tujuan pemerintah atau negara, maka menjadi jelaslah arah pelaksanaan pendidikan pada suatu negara. Jika dibandingkan dengan sekarang, yaitu tidak ada kejelasan tujuan pendidikan yang dilaksanakan dan cenderung diwarnai arus menyambut globalisasi serta mengesampingkan akar kebudayaan bangsa, maka diperlukan pembahasan mengenai salah satu pendidikan yang pernah dilaksanakan oleh bangsa Indonesia, yang sesuai dengan tujuan negara, yaitu pendidikan sosialisme Indonesia oleh pemerintahan Ir. Soekarno (1961-1966). Adapun tujuan dari penelitian ini, selain akan mengetahui proses pelaksanaan pendidikan tersebut, juga menginginkan pandangan dari filsafat pendidikan Islam mengenai fenomena tersebut. Penelitian ini tergolong penelitian filsafat. Namun, dikarenakan dalam penelitian ini diawali dengan dimensi historis, maka metode penelitian historis, relevan bagi penelitian filsafat. Dalam metode penelitian historis, beberapa langkah yang perlu diperhatikan meliputi: 1) sumber data (buku-buku dan data tertulis), 2) metode pengumpulan data (dokumentasi), 3) metode analisis data (verifikasi dan interpretasi) 4) metode penulisan data historis (diakronik dan sinkronik). Setelah data historis tertuang dalam bentuk penulisan, maka langkah selanjutnya yaitu penganalisaan melalui filsafat pendidikan Islam. Sebelum penganalisaan tersebut, dijelaskan pula secara singkat mengenai alat penganalisaan, yaitu filsafat pendidikan Islam. Adapun materi yang dianalisa yaitu meliputi obyek formal dari data historis tersebut, aspek epistemologi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pendidikan sosialisme Indonesia yang dijalankan oleh pemerintah, di tingkatan kebijakan, sampai penerapannya dilingkungan pendidikan formal, Smp, Sma, dan perguruan tinggi, merupakan salah satu cara mensejalankan tujuan pendidikan dengan tujuan negara. Pemerintah membuat suatu kurikulum yang sesuai dengan tujuan tersebut, dan lahirlah mata pelajaran Ilmu Kewargaan Negara atau Civics, yang diajarkan di tingkat SMP dan SMA. Sosialisme Indonesia merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran tersebut. 2) Setelah dianalisa melalui filsafat pendidikan Islam, maka terdapat kesimpulan, bahwa: pendidikan sosialisme Indonesia didapat melewati akal dan pengalaman empiris (dalam pendidikan Islam ditambah dengan intuisi), materinya meliputi aspek ekonomi, sosial, politik (terdapat juga dalam pendidikan Islam), metode pengajarannya dengan indoktrinasi (dalam pendidikan islam, untuk materi ketauhidan), evaluasinya lebih pada aspek psikomotor (yaitu pembentukan kepribadian), dan tujuannya sesuai dengan kepentingan pemerintah (pendidikan Islam dilaksanakan untuk kepentingan agama).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Usman SS., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Sosialisme, Indonesia, Pemerintahan IR. Soekarno, Perspektif, Filsafat, Pendidikan, Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Aug 2012 16:43
Last Modified: 07 Aug 2017 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2610

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum