REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menuju Pendidikan Islam Sensitif Problem Sosial)

WARDI, NIM. 00470009 (2005) REKONSTRUKSI PARADIGMA PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM (Upaya Menuju Pendidikan Islam Sensitif Problem Sosial). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DP.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa persoalan yang dihadapi pendidikan Islam, serta memberikan penawaran paradigma pendidikan Islam yang sensitif problem sosial, dengan harapan pendidikan Islam selalu kontekstual dengan perubahan zaman serta mampu memberikan penawaran pemikiran terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reseach), karena penelitian ini berangkat dari telaah kepustakaan, berupa buku, artikel, jurnal ilmiah dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan studi pernikiran dan gagasan tokoh. Sifat penelitiannya adalah diskriptif anal isis, menggunakan pendekatan filosofis dan sosiologis. Pendekatan filosofis dipergunakan karena rekonstruksi paradigma pemikiran. pendidikan Islam berada dalam lingkup konsep pendidikan Islam dalam arti pondasional. Pendekatan sosiologis dimaksudkan untuk mengkaji hubungan pendidikan Islam dengan problem masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Problem sosial dan realitas dunia pendidikan. a). Problem sosial berupa: masalah. ekonomi, kebudayaan, dan politik. b). Konsep dasar pendidikan dalam rangka perubahan sosial terdiri dari: tuntutan masyarakat terhadap pendidikan, dan nilai-nilai sosial dalam ajaran Islam. c). Peran masyarakat terhadap pendidikan dapat diperhatikan dari hubungan masyarakat dengan pendidikan, dan beberapa peranan masyarakat terhadap pendidikan. d). Sekolah sebagai lembaga sosial, perlu dikaji dari keberadaan sekolah kontemporer, kemudian tugas-tugas sekolah sebagai lembaga sosial. 2. Problem pendidikan Islam dalam upaya menuju pendidikan sensitif problem sosial, diantaranya: a). Dikotomi pendidikan Islam. Akan dibahas faktor-faktor penyebab dikotomi pendidikan Islam, dampak negatif dikotomi pendidikan Islam, dan upaya mengatasi dikotomi pendidikan Islam. b). Tujuan pendidikan Islam. Didalarnnya ada dua pokok bahasan: sekitar persoalan tujuan pendidikan Islam, dan menata tujuan pendidikan Islam. c). Persoalan kurikulum atau materi pendidikan Islam, yaitu: kurikulum pendidikan Islam dalam arti produk dan beberapa titik lemahnya, mengembangkan kurikulum pendidikan Islam, dan perubahan kurikulum. 3. Rekonstruksi paradigma pendidikan Islam. Bah ini perlu dibahas dari: a). Aliran-aliran filsafat dalam pendidikan: progresivisme, esensialisme, perenialisme, dan rekonstruksionisme. b). Pendidikan Islam dalam prespektif filosofis, fitrah manusia sebagai potensi dasar manusia, dan perbedaan filsafat pendidikan Islam dengan aliran-aliran filsafat pendidikan Barat. 4. Tawaran paradigmatik sebagai upaya menuju pendidikan Islam sensitif problem sosial, diantaranya: a). Paradigma profetik; ada tiga konsep, yaitu humanisasi, liberasi dan transendental. b). Gagasan paradigma yang ditawarkan Djohar, Hujair AH. Sanaky, dan paradigma baru yang ditawarkan Azyumardi Azra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mohammad Anis, M.A
Uncontrolled Keywords: pendidikan islam, problem sosial, anak usia sekolah
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 14:45
Last Modified: 14 Jul 2017 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26101

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum