NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRILOGI PUISI KARYA EMHA AINUN NAJIB

ZAKI IMANUDDIN, NIM. 01410705 (2006) NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRILOGI PUISI KARYA EMHA AINUN NAJIB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ZAKI IMANUDDIN. Nilai Pendidikan Islam dalam Trilogi Puisi karya Emha Ainun Nadjib. Skripsi. Y ogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan menginterpretasikan, mendeskripsikan, serta menganalisis secara kritis tentang kandungan nilai Pendidikan Islam <lalam buku Trilogi Puisi karya. Emha Ainun Nadjib. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah daya apresiatif da.Jam menangkap gagasan atau pesan pendidikan Islam dalam sebuah karya puisi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan mengambil 1atar syair/teks puisi karya Emha Ainun Nadjib. Pengumpulan data dilakukan dengan tcknik dokurnentasi dari berbagai Jiteratur yang ada. Metode Analisis Data yang ditempuh adalah analisis isi yaitu dengan menjelaskan arti atau maksud dari dokumen yang diteliti kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (l) Syair-syair dalam Trilogi Puisi sarat dcngan kaudungan niJai Pendidikan Islam yang meliputi aspek pendidikan aqidah, syariah, dan akhlak. Syair-syair tersebut merupakan refleksi pengalaman beragama Emha Ainun Nadjib dan interaksi kehidupan sosialnya Kandungan syaimya mencoba membangkitkan semangat manusia untuk menyambungkan dirnensi sosial dengan dimensi transendental. (2) Fonnat Pendidikan Islam yang disimpuJkan dari kandungan Trilogi Puisi karj'a Emha Ainun Nadjib meliputi: 1) Konsep Tujuan Pendidikan Islam, yaitu menstimulan perubahan individu dan sosial sehingga dapat dibentuk pribadi yang memiliki keshalihan, kecerdasan, dan moralitas sosial. 2) Konsep Kurikulum, yaitu berintikan pada nilai ideal yang absolut yaitu ketuhanan (tauhid). 3) Konsep Metode Pembelajarnn, yaitu melalui metodeproblem .wiving dan metode inqury yang pada intinya membimbing dan melatih pembaca untuk belajar dan melatih diri dalam memecahkan persoalan yang dihadapi sehingga da1am dirinya tumbuh sikap obyek.1if, jujur, dan terbuka dalam mencermati dan mencari solusinya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Usman, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: trilogi pendidikan, puisi, pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Jul 2017 15:12
Last Modified: 14 Jul 2017 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum