PENERAPAN MODEL GLOBAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKA TKAN MOTIV ASI, KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI KLIRONG KEBUMEN

ATIK FAOZIYAH, NIM. 01460823 (2006) PENERAPAN MODEL GLOBAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKA TKAN MOTIV ASI, KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI KLIRONG KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL GLOBAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKA TKAN MOTIV ASI, KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI KLIRONG KEBUMEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL GLOBAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKA TKAN MOTIV ASI, KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI KLIRONG KEBUMEN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Hasil observasi awal di sekolah ditemukan bahwa metode pembelajaran yang selama ini digunakan cenderung masih bersifat klasikal. Dalam pembelajaran fisika, proses kreatif maupun rangsangan belajar baik secara kognitif, psikomotorik maupun afektif pada diri siswa kurang mendapat perhatian guru. Permasalahan utama yang dapat diungkap adalah perlunya penerapan pembelajaran yang lampu meningkatkan aspek proses dan produk siswa yaitu model Global Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model global learning untuk meningkatkan motivasi kreatifitas, dan prestasi belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Kelas (Classrom action Research) dengan menggunakan teknik alur, perenungan, perencanaan, pelaksanaan, kegiatan observasi/monitoring dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII. 1 MTs Negeri Klirong Kebumen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pre test, wawancara, angket, soal post tes, LKS, jurnal harian dan lembar evaluasi siswa. Setiap aktifitas siswa selama pembelajaran dicatat sebagai data kualitatif dan dianalisis secara deskrrptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran berlangsung, aktititas siswa baik aktititas kognitif, psikomotortk maupun afektif meningkat. Aktifitas kognitif siswa selarna proses pembelajaran yang teramati anlara lain mengajukan dan menjawab pertanyaan, mencari informasi dari bukti mengemukakan pendapat dan mencatat hal-hal yang penting. Aktilitas psikomotorik siswa antara lain, menyiapkan dan menyusun alat percobaan, mcngarnati percobaan, dan mencatat hasil pengamatan. Aktifitas afektif siswa antara lain, memperhatikan penjelasan guru, menghormati dan memperhatikan pendapat teman, bekerjasama dengan teman dalam kelompok, membantu teman kelompok. berani mengajukan pertanyaan dan mengeluarkan pendapat. Hasil angket siswa untuk penilaian kognitif adalah 81,97%, psikomotorik 86,85% dan afektif 75, 83 %. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model global learning dalam pembelajaran fisika dapat mcningkatkan motivasi, kreativitas dan prestasi belajar siswa. Kata kunci : global learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Suparwoto, M.Pd. 2. Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: global learning
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Jul 2017 08:32
Last Modified: 11 Jul 2017 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26119

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum