PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH PADA BMT PAS (PROJO ARTHA SEJAHTERA) BANTUL

ZUNDA AYU AFIFAH, NIM. 13240050 (2017) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH PADA BMT PAS (PROJO ARTHA SEJAHTERA) BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH PADA BMT PAS (PROJO ARTHA SEJAHTERA) BANTUL)
13240050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH PADA BMT PAS (PROJO ARTHA SEJAHTERA) BANTUL)
13240050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Zunda ayu afifah, (13240050), Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada BMT PAS (Projo Artha Sejahtera) Bantul. BMT merupakan salah satu model lembaga keuangan syariah. Berdirinya perbankan yang menggunakan prinsip-prinsip syariah bisa dilihat sebagai proses pembangunan dalam sistem ekonomi islam, perbankan syariah masih relative terbatas keberadaannya. Untuk itu perlu adanya sosialisasi dan strategi yang tepat untuk melakukan percepatan pembangunan ekonomi Indonesia melalui prinsip-prinsip syariah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor marketing mix terhadap minat menabung nasabah secara positif dan signifikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu dengan subyek penelitian nasabah yang menabung dan bagian marketing. Obyek penelitian ini 4 marketing mix bidang jasa. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Untuk mengumpulkan data terdiri dari observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif responden, analisis deskriptif variabel, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS Versi 16.0 for windows menunjukkan nilai Adjust R Square sebesar 0,210, artinya 21,0% minat menabung nasabah pada BMT PAS dipengaruhi oleh faktor marketing mix, sedangkan sisanya 79,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Hasil uji simultan atau uji F menunjukkan nilai signifikansi 0,000 0,05 artinya marketing mix secara sumultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung nasabah BMT PAS . Dan secara parsial dengan menggunakan uji t bahwa faktor yang paling berpengaruh adalah faktor tempat dengan signifikansi 0,016 dan t hitung 2.447. Hal ini dikarenakan tempat dari BMT PAS termasuk strategis. Dan faktor yang paling kecil nilainya adalah faktor promosi dengan signifikansi 0,693 t hitung 0,396 yang artinya faktor promosi tidak begitu berpengaruh terhadap minat menabung nasabah. Hal ini dikarenakan promosi yang dilakukan oleh BMT PAS kurang tersosialisasikan kepada masyarakat dan kurangnya pemanfaatan sosial media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Toriq Nurmadiansyah,S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Minat Menabung Nasabah, BMT PAS
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jul 2017 11:41
Last Modified: 11 Jul 2017 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26181

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum