STRATEGI PELAKSANAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) BINA UMAT KOTA YOGYAKARTA

MUHAMMAD HADI, NIM. 13240107 (2017) STRATEGI PELAKSANAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) BINA UMAT KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PELAKSANAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) BINA UMAT KOTA YOGYAKARTA)
13240107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PELAKSANAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI OLEH KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) BINA UMAT KOTA YOGYAKARTA)
13240107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Hadi (13240107), "Strategi Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji oleh Kelompok Bimbingan Ibadah haji (KBIH) Bina Umat Kota Yogyakarta", Skripsi Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pelaksanaan bimbingan manasik haji oleh KBIH Bina Umat Kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatifdeskriptif, metode yang digunakan antar lain dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman, sedangkan teknik menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan dalam pelaksanaan bimbingan manasik sudah berjalan sesuai dengan tujuan awal, hal ini dapat dilihat dengan adanya pemberian motivasi oleh pimpinan kepada para pembimbing secara langsung dan tidak langsung, pembimbingan melalui pemberian perintah yang jelas dan tepat, penjalinan hubungan melalui rapat koordinasi, rapat kerja dan evaluasi kinerja, serta adanya komunikasi yang baik antara pimpinan dengan pembimbing dan adanya pengembangan pelaksanaan bimbingan manasik haji melalui metode seminar, home visit dan metode bacaan khusus. Adanya pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaan bimbingan manasik haji menggunakan pendekatan analisis SWOT seperti: pembimbing yang cukup berpengalaman, akses alumni, legalitas dari pemerintah dan penghambatnya letak kantor yang kurang strategis, basic agama jamaah haji yang kurang serta euforia tentang otonomi daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi dan Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jul 2017 11:59
Last Modified: 11 Jul 2017 11:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26195

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum