PROBLEMATIKA PENGAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DENGAN TEKNIK BERNYANYI SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUS SHOLIHIN TURUS GURAH KEDIRI

LUTVIA HANDARIYATUN NIKMAH, NIM. 0142 0878 (2006) PROBLEMATIKA PENGAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DENGAN TEKNIK BERNYANYI SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUS SHOLIHIN TURUS GURAH KEDIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENGAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DENGAN TEKNIK BERNYANYI SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUS SHOLIHIN TURUS GURAH KEDIRI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENGAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DENGAN TEKNIK BERNYANYI SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUS SHOLIHIN TURUS GURAH KEDIRI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan metode permainan dalam pengembangan sosial anak pada Taman kanak-Kanak Islam Ar-Rahmah. Yaitu dilihat dari jenis metode permainan yang diterapkan untuk anak, media dan alat permainannya, peran guru dan orang tua dalam memilih metode permainan yang sesuai dengan perkembangan usia anak TK dan bentuk sosial anak terhadap individu, keluarga dan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar Taman Kanak-kanak Islam Ar-Rahmah Papringan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berbasil dikumpulkan melalui pengamatan langsung perserta didik, wawancara dengan guru dan orang tua, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan l) Jenis metode permainan yang diberikan oleh guru dan orang tua dapat digolongkan dalam dua jenis yaitu permainan aktif dan pennainan pasif dan hal itu dapat didukung dengan media dan sarana permainan yang menunjang.2) Peran guru dan orang tua sangat penting sekali dalam mengembangkan sikap sosial anak. Misalnya memberikan metode permainan yang sesuai untuk anak, memberikan teladan dan contoh yng baik untuk anak 3) Metode permainan yang diberikan oleh guru dan orang tua bisa berpengaruh positif bagi anak misalnya: kerjasama, simpati, empati, tidak mementingkan dirinya, pemaaf, menghargai orang lain dan lain-lain. Berpengaruh negatif misalnya: egosentrisme, bertengkar, persaingan, sombong dan lain-lain. 4 ). Metode permainan yang diberikan guru dan orang tua sangat berpengaruh pada kepribadian individu anak, keluarga maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Permainan, Pengembangan Sosial Anak, Taman Kanak-Kanak
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Jul 2017 14:01
Last Modified: 11 Jul 2017 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26212

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum