NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR'AN SURAT AL-FURQAN AYAT 63-77

NORANING HERLIANTI, NIM. 00470263 (2005) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR'AN SURAT AL-FURQAN AYAT 63-77. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR' AN SURAT AL-FURQAN AYAT 63-77)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR' AN SURAT AL-FURQAN AYAT 63-77)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang nilai nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Al-Qur'an surat Al-Furqan ayat 63-77. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bennanfaat bagi pelaksanaan pendidikan agama Islam dibidang pendidikan akhlak sehingga dapat menambah wawasan dalam proses pendidikan. Penelitian ini mempakan Library research yang obyek utarmanya buku-buku kepustakaan dan literatur-literatur lainnya. Pengumpulan data dilakukan atas data primer yang diperoleh langsung dan data sekunder yang diusahakan sendiri pengumpulan datanya oleh peneliti. Analisis data dilakukan dengan menelaah data yang tersedia dengan menggunakan pendekatan tafsir Analitis (tahliliy). Adapun langkah yang diambil dalam metode Tafsir analisis (tahliliy) adalah: Pengertian kosa kata, konteks kalimat, menerangkan asbabun nuzul ayat, mengungkapkan penafsiran-penafsiran yang pernah disampaikan oleh Nabi, sahabat, tabi'in, tabi'at-tabi'in dan para ahli tafsir lainnya, menjelaskan munasabat ayat satu dengan ayat lainnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Akhlak merupakan bagian dalam Pendidikan Islam, bahkan merupakam jiwa bagi pendidikan Islam itu sendiri. Sebab tujuan utama pendidikan Islam adalah mendidik akhlak dan jiwa. Pendidikan akhlak yang dikenal sebagai pendidikan jiwa diantaranya berfungsi menyempurnakan pendidikan jasmani, idealnya dapat mendukung pada tercapainya kesempurnaan, keseimbangan seluruh kepnbadian manusia. (2) Dalam mewujudkan pendidikan akhlak diperlukan suatu komponen - komponen yang mendukung meliputi: a) Komponen pendidik yang professional dalam menjalankan tugasnya. b) Anak didik yang, memiliki semangat yang tinggi,kecerdasan, keuletan, petunjuk guru, waktu yang memadai dan adanya modal bagi pendidikan. c) Kurikulun yang sesuai dengan jenjang pendidikan. d) Metode yang efektif dalarn pengajaran. e) Evaluasi untuk mengukur kemajuan suatu pekerjaan dalam pendidikan Islam. (3) Pendidikan akhlak dalam Islam menurut tuntunan Al-Qur'an surat AI-Furqan ayat 63-77 secara konseptual sangat ideal, karena didalamnya mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak yang relevan untuk diterapkan dalam pendidikan. Melihat fenomena yang terjadi saat ini maka peran akhlak didalam lembaga pendidikan sangat dibutuhkan. Dalam kehidupan, manusia menghadapi hal yang baik dan buruk. Kebenaran dan kebatilan serta perdamaian dan peperangan. Untuk menhadapi hal yang serba kontra tersebut, Islam telah menetapkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang membuat manusia mampu hidup di dunia. Dengan demikian manusia mampu mewujudkan kebaikan di dunia dan di akhirat, serta mampu berinteraksi dengan orang-orang yang baik maupun jahat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Maragustam Siregar, MA.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Al-Qur'an surat Al-Furqan ayat 63-77.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Jul 2017 14:01
Last Modified: 12 Jul 2017 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26291

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum