TELAAH PEMIKIRAN MOHAMMAD FAUZIL ADHIM TENTANG PENDIDIKAN TAUHID DAN RELEVANSINYA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK

FAJAR EKAWATI, NIM. 00410447 (2006) TELAAH PEMIKIRAN MOHAMMAD FAUZIL ADHIM TENTANG PENDIDIKAN TAUHID DAN RELEVANSINYA DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

F AJAR EKA WA TI. Tclaah Pcmikiran Mohammad Fauzil Adhim tentang Pendidikan Tauhid dan Relevansinya dalam Pengembangan Kreativitas Anak. Skripsi. Yot,'Yakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pokok pemikiran Mohammad Fauzil Adhim dan ditarik relevansinya dalam pengembangan kreativitas anak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan mengambil Jatar pemikiran Mohammad Fauzil Adhim tentang pendidikan tauhid. Penulis berasumsi bahwa pemikiran Mohammad Fauzi] Adhim ini memiliki relevansi dalam pengembangan kreativitas anak. Penelitian ini difokuskan untuk menjawab dua rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana pokok pemikiran Mohammad Fauzil Adhim tentang pendidikan tauhid. 2) Bagaimana relevansi pendidikan tauhid Mohammad Fauzil Adhim dalam pengembangan kreativitas anak. Jawaban atas masalah tersebut , didasarkan kepada data yang dikumpulkan melalui studi literer. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analitik, hal ini dimaksudkan untuk menganalisis sekaligus mengkritisi gagasan pemikiran Mohammad Fauzil Adhim. Sehingga diharapkan dapat diternukannya relevansi dan kemungkinan penerapannya dalam pengembangan kreativitas anak. Kemudian untuk pengambilan kesimpulan, penulis menggunakan pola pikir induktif yang dimulai dari fakta-fakta khusus berupa pemikiran Mohammad Fauzil Adhim yang diteliti lalu basil penelitiannya digunakan untuk memecahkan fakta- fakta umum yaitu relevansinya dalam pengembangan kreativitas anak yang digeneralisasikan sebagai suatu kesimpulan. Berdasarkan basil analisis menunjukkan: 1) Pendidikan tauhid menurut Mohammad Fauzil Adhim adalah pendidikan yang diarahkan untuk mengenalkan Allah, sehingga anak didik dapat berkembang fitrahnya sebagai 'abdullih (hamba Allah). 2) Pendidikan tauhid menurut Mohammad Fauzil Adhim memiliki relevansi dalam pengembangan kreativitas terhadap anak. Khususnya di lingkungan keluarga dan sekolah, yang terletak pada pendekatan 4 P yaitu pribadi, proses, pendukung, dan produk. Basil menunjukkan bahwa empat pendekatan yang ditawarkan dapat menumbuhkan perasaan religious dalam diri anak sekaligus dapat diterapkan dalam pengembangan kreativitas terhadap anak. Dalam hal ini religiousitas berhubungan langsung dengan kejiwaan yang ikut mempengaruhi tinggi rendahnya tingkat kreativitas anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Karwadi, M.Ag. 2. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: tauhid, Muhammad Fauzil Adhim
Subjects: Tauhid
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jul 2017 08:12
Last Modified: 20 Jul 2017 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26294

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum