STUDI KOMPARASI ANTARA METODE QIRA'AH DENGAN METODE QAWA'ID DALAM PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA Dl MA ALl MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

MUHAMMAD MA'SUM, NIM. 01420860 (2006) STUDI KOMPARASI ANTARA METODE QIRA'AH DENGAN METODE QAWA'ID DALAM PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA Dl MA ALl MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI ANTARA METODE QIRA'AH DENGAN METODE QAWA'ID DALAM PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA Dl MA ALl MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (264MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI ANTARA METODE QIRA'AH DENGAN METODE QAWA'ID DALAM PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA Dl MA ALl MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (202MB)

Abstract

MUHAMMAD MA'SUM. Metode mempunyai pengaruh yang sangat besar khususnya dalam interaksi edukatif, karen a dalam interaksi edukatif terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah metode dan keberhasilan suatu pengajaranpun itu tidak lepas da i suatu metode yang diambil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar bahasa Arab siswa di MA Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dengan menggunakan metode yang berbeda. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Lapangan (fi eld research), dengan cara eksperimentasi, sedangkan metode yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Angket dan Test. Dan analisis data yang digunakan adalah dengan Teknik Hitungan Kompara')i atau dengan Analisis Test " t". Adapun kesimpulannya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar bahasa Arab siswa yang menggunakan metode Qira'ah dengan siswa yang menggunakan metode Qawa'id. Hal ini bisa dilihat dengan t-observasi dan t-tabel pad a taraf signifikansi 5% dan pnda taraf signifikansi 1% yaitu to - 0,126 dru1 - 0, I <JS < (lebih kecil) dari It 2.10 dan 2.88 denga.n dernikian hipotesa kerja ditolak atau tidak diterima sedangkan hipotesa nihil diterima atau disetujui . Tidak adanya perbedaan hasil penerapan matode Qira' ah dan Qawa' id dikarenakan faktor metoc!e dan teknik pengajaran yang diajarkan kepada murid kurang efektif dan variatif hal ini bisa dilihat dari hasil prosentase perolehan angket yang diajukan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN BAHASA ARAB - METODE
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jul 2017 08:12
Last Modified: 20 Jul 2017 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26308

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum