"FASAD FI AL-ARD (KERUSAKAN DI BUMI) MENURUf AL-TABARI (Studi tentang penafsiran kitab Jami' Al-Bayan 'An tak'wil AY Al-Qur'an karya Al-Thabari

ALI ASHAR, NIM. 9853 2594 (2005) "FASAD FI AL-ARD (KERUSAKAN DI BUMI) MENURUf AL-TABARI (Studi tentang penafsiran kitab Jami' Al-Bayan 'An tak'wil AY Al-Qur'an karya Al-Thabari. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (" FASAD FI AL- ARD" (KERUSAKAN DI BUMI) MENURUT AL-TABARl _(STUDI TENTANG PENAFSIRAN KITAB JAM!' AL-BAYAN 'AN TA'MLA_YAL-QUR'AN KARYA AL-TABARI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (" FASAD FI AL- ARD" (KERUSAKAN DI BUMI) MENURUT AL-TABARl _(STUDI TENTANG PENAFSIRAN KITAB JAM!' AL-BAYAN 'AN TA'MLA_YAL-QUR'AN KARYA AL-TABARI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Al-Qur'an merupakan wahyu yang ditw·unkan kepada Nabi Muhan1mad Saw. Yang sifat maknanya masih global dan universal , di sinilah sebagai wnat muslim yang masib awam membutuhkan pemahaman yang bcnar dari ayat-ayat al-Qur'an tersebut , schingga dalan1 mengambil pemahaman atas penafsiran ayat al-Qur'an tidaklah rancu dan asal-asalan. Fasad fi al-Ar{i (kerusakan di bwni) menurut al-Tabari: Studi Tentang Penafsiran Kitab Tafsir Jami ' a/ Bayan 'ai1 Ta'Wif ai-Qlff'an Karya al- Tabari merupakan j udul dalam skripsi ini. Dalam st udi ini, pen uli s akan memaparkan penafsiran al-Tabari t erhadap fasad fi al-Ar.d (kerusakan di bun1i) disertai dengan analisis seputar penafsirannya.Setelah wafatnya Nabi .\1uhanm1ad Saw. ban yak bermunculan mufasir-mufa sir ternama, baik_dari kalangan shahabat, bi'in dan tabi 'in-tabi'in hingga saat ioi, tem1asuk al-Tabari. Pcnulis memilih al-Tabari scbagai rcfrensi penafsiran dalam masalah fasad 6a/-Ar{i (Kerusakan di bumi) dari al-Qur'an dalam karyar1ya kitab iimi' al-Bayan 'AI1 Ta 'wff 'ay al-Qlff'an. Kitab ini tcrmasu k sebuah karya yang mw1tunental dibidang tafsir yang menurut pcnulis sangatlah mcoarik dar1 komprehcnsip untuk dikupas dar1 dikaji, karcna al-Tabari juga tcrmasuk mufasir besar pada masanya . _ _ Dalam menafsirkan fasad fi 'Ard al-Tabari mcngkolaborasikan makna dasar dan makna relasional. Sehingga memunculkan beberapa pcngertian atau makna fasad fi al-Ard.yang sesuai dengan konteks ayat, dalan1 penafsirarmya al-Tabari juga memadukan perm ma'slff (periwayatan) dan ra'y (pemikiran) serta pendckatan analisa bahasa, sehingga yang terlihat bukar1lah penafsiran yang limpar1g. Kata fasi.d fJ ai-A.rrj dalarn kitab tafsir Jamj a/-Bayin 'A.11 Ta'wll iy a/­ Qur'iin karya al-Tabari ini dapat dHafsirkar1 dengar1 bentuk kcru sakan yang terjadi di muka bumi ymg dilakukan olch manusia, baik ilu bersifat fahiriyah (fisik) maupw1 baliniyah (moral). Dentuk fasi.d fi af-A.rrj bermakna m aksiat kepada Allah terdapat dalar11 Q.S al-Baqarah ayat 11, fasid ff a/-Arifbennakna pcmbwlllhan tcrdapat dalam Q.S. al-Isra' ayat 4 dat1 Q.S. al-Ma'idah ayat 32, fa.ttid fl ai-Arrj bcrmakna makar .atau mcmberontak terdapat dalam Q.S. al-Qa$a$ ayat 77, fasid D al-Ar¢bcrmakn a memutus tali pcrsaudaraan terdapal dalam Q.S. Muhar11m ad ayat 22, fasid fi ai-Arif bem1ak.na berbuat t1tnah terdapal dalan1 Q.S. al-Anfiil ayat 73, fasid fi af-Arrj bermakria mengurangi timbangar1 atau t akaran terdapat dalam Q.S. Hud ayat 85, Q.S. asy-Syu'ara ayat 183 dan Q.S. al-A'raf ayat 85, fusid II af-A.rrj bermakna mencuri terdapat dalam Q.S. Yusuf ayat 73 dan Q.S. al-Qa$a ayat_83. Menggali secara lebiE. mendalam atas pcnafsiran al-Tabari, akan semakin menampakm sosok al-Tabari sebagai mufassir yang mcmbcrikan kontribusi konstruksi pemahaman atas al-Quri3.n yang credible yang pada gilirannya akan banyak memberikan inspirasi bagi khazanah pcnafsiran generasi pcnerusnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan di bumi, Al-Thabari
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Jul 2017 08:57
Last Modified: 13 Jul 2017 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26323

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum