KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WASHOYA AL-ABA' LIL ABNA' KARANGAN MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARI (Relevansinya dengan Pendidikan Islam)

Nur Aeni, NIM. 02411047 (2006) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WASHOYA AL-ABA' LIL ABNA' KARANGAN MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARI (Relevansinya dengan Pendidikan Islam). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WASHOYA AL-ABA' LIL ABNA'" KARANGAN MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARI (Relevansinya dengan Pendidikan Islam))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WASHOYA AL-ABA' LIL ABNA'" KARANGAN MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARI (Relevansinya dengan Pendidikan Islam))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Washoya al-Aba' lil Abna' Karangan Muhammad Syak.ir al-Iskandari (Relevansinya dengan Pendidikan Islam). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis sejauh mana konsep pendidikan akhlak yang ditawarkan Muhammad Syakir al-lskandari dalam salah satu karangannya yang berjudul Washoya al-Aba' lil Abna'. Hasil penelitian ini di harapkan mampu mengungkapkan konsep pendidikan akhlak Muhammad Syakir meliputi materi dan metode, agar dapat dipergunakan sebagai penyempuma penerapan materi dan metode dalam pendidikan Islam khususnya pendidikan akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kwalitatif melalui tinjauan filosofis, dengan subyck penelitiannya yaitu salah satu kitab kecil karangan Muhammad Syakir al-Iskandari yang di beri judul Washoya ai-Aba' lil Abna'. Pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan data-data yang terdapat dari berbagai literer Penekanan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menemukan berbagai prinsip, dalil, teori, pendapat dan gagasan Muhammad Syakir al-Iskandari yang tertuang dalam kitab Washoya alA. ba' lil Abna'. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Materi yang terdapat dalam kitab Washoya al-Aba' lil Abna' telah terangkum dalam dua puluh pasal yang telah dikemas secara sistematis. Dan antara materi yang satu dengan yang lainnya terdapat keserasian sebagai sarana dalam mencapai kompetensi pendidikan akhlak dalam kitab Washoya ai-Aba' lil Abna' yaitu, penerapan akhlak karimah berupa tuntunan akhlak bagi pencari ilmu dalam kehidupan sebari-hari. Materi-materi yang ditawarkan Muhammad Syakir tersebut tidak hanya meliputi materi yang berkaitan dengan individu saja, melainkan juga materi yang berhubungan dengan kehidupan sosial kemasyarakatan serta materi yang didalamnya mencakup aktifitas )yang berhubungan dengan nilai-nilai mahdhoh (ibadah langsung pada Allah) dan ibadah ghairu mahdhoh (tidak langsung berhubungan dengan Tuhan). Adupun materi-materi yang telah dikemas dengan sistematis oleh Muhammad Syakir dalam kitab Washoya ai-Aba' lil Abna masih relevan untuk di sampaikan dalam kegiatan belajar-mangajar pendidikan akhlak, karena materi-materi yang dikemukakan Muhammad Syakir dalam kitab Washoya al-Aba' lil Abna' dapat menjadi salah satu sarana dalam pencapaian kompetesi pendidikan Islam. 2) Metode Pendidikan yang dipakai Muhammad Syakir dalam kitab Washoya al aba' lil Abna' mencakup metode belajar dan metode mengajar. Metode belajar yang terkandung dalam kitab Washoya ai-Aba' lil abna' diantaranya ialah: muthola'ah, mudzakarah, dan munadzarah. Adapun dalam metode mengajar Muhammad Syakir memakai Metode ceramah, Tanya jawab, hukuman, pembiasaan dan penugasan. Berbagai metode belajar dan mengajar yang ditawarkan Muhammad syakir tersebut masih relevan untuk diterapkan dalam pendidikan Islam sesuai dengan kontek materi yang akan disampaikan agar metode tersebut dapat tepat guna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs Sangkot Sirait, M.Ag. 2. Drs Usman, SS., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN AKHLAK, WASOYA
Subjects: Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:37
Last Modified: 17 Jul 2017 07:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26346

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum