PEMBELAJARAN TARJAMAH BAHASA ARAB DI MA WAHID HASYIM YOKYAKARTA (TINJAUAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR)

SRI WAHYUNI, NIM. 01420836 (2006) PEMBELAJARAN TARJAMAH BAHASA ARAB DI MA WAHID HASYIM YOKYAKARTA (TINJAUAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN TARJAMAH BAHASA ARAB DI MA WAHID HASYIM YOKYAKARTA (TINJAUAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN TARJAMAH BAHASA ARAB DI MA WAHID HASYIM YOKYAKARTA (TINJAUAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini secara umum adalah bahwa belajar adalah berbuat, untuk itu anak barus melibatkan diri secara aktif dalam proses belajar-mengajar, hal ini akan rnembuat pengetahuan dan infonnasi yang ia dapatkan akan lebih mengesankan. Dan dalam pembelajaran tarjamah bahasa Arab di MA Wahid Hasyim Yogyakarta telah terlihat adanya partisipasi siswa dalam proses belajar-rnengajar. Penelitian ini bertujuan untuk rnendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang bagaimana keaktifan siswa MA Wahid Hasyim Yogyakarta dalam proses belajar-mengajar pada bidang studi tarjamah bahasa Arab serta faktor faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tarjamah babasa Arab tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara langsung proses pembelajaran, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: ( keaktifan iswa kelas II IPS dalam pembelajaran tarjamah bahas Arab di MA Wahid Hasyim Yogyakarta baik, hal terlihat adanya keaktifan siswa dalam belajar, baik berupa keaktifan fisik maupun keaktifan mental, misalnya siswa selalu dengan antusias memperhatikan dan mendengarkan materi yang diberikan oleh guru, dan terkadang mereka juga bertanya tentang hal-hal yang berhubungan dengan materi, disamping itu mereka juga aktif dalarn kegiatan berfikir, hal ini dilakukan siswa pada saat praktek atau latihan menterjemah teks Arab erta memahaminya. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa kelas II IPS dalarn pembelajaran tarjamah bahasa Arab di MA Wahid Hasyim Yogyakarta berasal dari diri mereka dan faktor luar yaitu adanya perhatian siswa yang besar terhadap pelajaran tarjamah, adanya minat dan motivasi siswa, sikap siswa yang baik, akan tetapi siswa memiliki kesulitan daJam menterjemah yang dikarenakan kurangnya kemampuan siswa dalam perbendaharaan kosa kata Arab. Adapun faktor yang datang dari luar adalab adanya guru yang memilik:i kepribadian yang baik, memberi motivasi pada siswa , metode atau cara mengajar yang disukai. Siswa dapat membantu keaktifan siswa daJam belajar. Di samping itu lingkungan sekolah yang merupak:an lingkungan pesantren dan hubungan yang akrap diantara merekajuga turut mempengaruhi partisipasi siswa secara aktif dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Zainal Arifn.A, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, MA Wahid Hasyim
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Jul 2017 11:44
Last Modified: 13 Jul 2017 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26364

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum