PROBLEMA TIKA GURU DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI MADRASAH TSANAWIYAH YAYASAN ROUDHOTUSH SHOLIHIN CEPER KLATEN

TINA NURMAYANTI, NIM.98423915 (2005) PROBLEMA TIKA GURU DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI MADRASAH TSANAWIYAH YAYASAN ROUDHOTUSH SHOLIHIN CEPER KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMA TIKA GURU DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI MADRASAH TSANAWIYAH YAYASAN ROUDHOTUSH SHOLIHIN CEPER KLATEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMA TIKA GURU DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI MADRASAH TSANAWIYAH YAYASAN ROUDHOTUSH SHOLIHIN CEPER KLATEN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Setelah penulis mengadakan penelitian di lapangan dan menjelaskan tentang problematika guru dalam pengajaran bahasa Arab di MTs Yayasan Roudlotush Sholihin Ceper Klaten, membahas dan menguraikan data-data yang diperoleh, maka kesimpulan yang penulis kemukakan adalah sebagai berikut: 1. Pengajaran bahasa Arab dengan KBK di MTs Yayasan Roudlotush Sholihin belum dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Dalam pelaksanaannya banyak dihadapi masalah atau problem yang perlu penyelesaiannya. Problem atau masalah yang dihadapi guru bahasa Arab di MTs Yayasan Roudlotush Sholihin adalah : • Problem internal (problem yang muncul dari guru bahasa Arab): Kurangnya pemahaman guru tentang KBK karena belum pernah mengikuti training tentang KBK, yang berakibat guru jadi kesulitan dalam pelaksanaan pengajaran bahasa Arab dengan KBK, yaitu kesulitan dalam proses persiapan pengajaran, proses pencapaian kompetensi dan proses evaluasi. • Problem eksternal (problem yang muncul dari luar): • Hegeronitas atau keberagaman siswa yaitu masalah perbedaan latar belakang pendidikan dan tingkat kemampuan belajar siswa. • Banyaknya materi pelajaran yang harus diajarkan dan waktu yang disediakan sanga.t terbatas. • Terbatasnya buku pelajaran bahasa Arab • Terbatasnya alat bantu mengajar. 2. Usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam pengajaran bahasa Arab adalah: a. Untuk mengatasi problem internal, guru berusaha untuk lebih giat mempelajari tentang konsep KBK dan mengikuti training atau seminar yang diselenggarakan. b. Untuk mengatasi problem ekstemal, Masalah tentang hegeronitas siswa atau keberagaman siswa, guru mencoba untuk dapat mengelola pembelajaran sebaik-baiknya dengan cara memberikan perhatian dan perlakuan yang berbeda kepada setiap individu sesuai dengan keadaan siswa. Masalah tentang banyaknya materi pelajaran yang haru diajarkan, guru memilih materi berdasarkan tingkat kesulitan untuk dipelajari lebih dulu yaitu dari yang mudah ke materi yang sulit. Masalah tentang terbatasnya buku pelajaran bahasa Arab, guru menghimbau kepada siswa yang mampu untuk memiliki buku sendiri dengan mempotokopi buku pelajaran bahasa Arab yang telah ada. Masalah tentang terbatasnya alat bantu mengajar, guru berusaha menyediakan alat peraga meskipun hanya alat yang paling sederhana seperti gambar-gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi NIP.150215548
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Jul 2017 14:22
Last Modified: 13 Jul 2017 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26375

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum