IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MAN MAGUWOHARJO

SIKIN, NIM. 01410554 (2005) IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MAN MAGUWOHARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MAN MAGUWOHARJO)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MAN MAGUWOHARJO)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Proses Pembelajaran Aqidah Ahklak di MAN Maguwoharjo dan Hasil Belajar siswa kelas I, dan belum maksimalnya implementasi KBK menjadi titik tolak penelitian ini. hasil penelitian ini diharapkan dapat menyempumakan implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Proses Pembelajaran Bidang Studi Aqidah Ahklak tersebut. Populasi penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum, Guru Bidang Studi Aqidah Ahklak dan seluruh siswa kelas I MAN Maguwoharjo tahun pelajaran 2004/ 2005 sebanyak 101 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti tidak mengambil sampel dari populasi tersebut karena penelitian ini adalah penelitian populasi, oleh karena itu peneliti melibatkan seluruh populasi yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis Deskriptif dengan menggunakan pola berfikir Induktif. Hasil penelitian menunjukan : (1) Proses Pembelajaran Bidang Studi Aqidah Ahklak sudah mengacu pada konsep-konsep kurikulum berbasis kompetensi. Yaitu pembelajaran yang berorientasi pada hasil dan juga mengedepankan pengalaman belajar siswa. Proses Pembelajaran di kelas, guru bidang studi memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk berkreasi dalam merespon dan mengikuti pembelajaran dikelas. (2) dalam melakukan proses pembelajaran, guru bidang studi aqidah ahklak selalu mengkombinasikan beberapa metode, hal ini dimaksudkan supaya tidak adanya kebosanan dalam diri siswa. Pengkombinasian beberapa metode ini juga dengan memperhatikan unsur-unsur pembelajaran yaitu siswa, materi, keadaan pada saat pembelajaran akan dilaksanakan. (2) Evaluasi yang dilakukan dalam rangka mengontrol tingkat keberhasilan siswa dilaksanakan secara berkelanjutan dari pertemuan harian siswa dengan guru bidang studi sampai kepada evaluasi program pengajaran dalam satu tahun ajaran. (3) Hasil Belajar siswa berdasarkan observasi kelas, analisis hasil ujian berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Usman, SS. M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Berbasis Kompetensi, Proses Pembelajaran, Aqidah Ahklak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Jul 2017 15:22
Last Modified: 13 Jul 2017 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26377

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum