PENANGANAN PEMBIAYAAN WAKALAH WAL MURÃBAḤAH BERMASALAH PADA BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL (BTPN) SYARIAH CABANG TONJONG BREBES JAWA-TENGAH

ITA DWI LESTARI, SHI, NIM. 1520310003 (2017) PENANGANAN PEMBIAYAAN WAKALAH WAL MURÃBAḤAH BERMASALAH PADA BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL (BTPN) SYARIAH CABANG TONJONG BREBES JAWA-TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANGANAN PEMBIAYAAN WAKALAH WAL MURÃBAḤAH BERMASALAH PADA BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL (BTPN) SYARIAH CABANG TONJONG BREBES JAWA-TENGAH)
1520310003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENANGANAN PEMBIAYAAN WAKALAH WAL MURÃBAḤAH BERMASALAH PADA BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL (BTPN) SYARIAH CABANG TONJONG BREBES JAWA-TENGAH)
1520310003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)

Abstract

Sebagai lembaga intermediary, bank syariah akan selalu berhadapan dengan berbagai jenis risiko dengan tingkat kompleksitas yang beragam dan melekat pada kegiatan usahanya. Pada Bank BTPN Syariah Cabang Tonjong Brebes terdapat program paket masa depan (PMD) yaitu pembiayaan yang ditujukan khusus kepada perempuan pra-/cukup sejahtera, dilakukan hanya berdasarkan akad wakalah wal murābaḥah. Dalam proses pembiayaan tersebut, bank melakukan penggabungan dua akad antara wakalah dan murābaḥah sehingga barang yang menjadi objek pembiayaan belum dimiliki oleh pihak bank saat terjadinya akad. Selain itu, pemberian pembiayaan tidak hanya diperuntukkan bagi nasabah yang telah memiliki usaha akan tetapi juga dapat diberikan kepada nasabah yang belum memiliki usaha. Karena tidak selektifnya pihak bank dalam penyaluran dana pembiayaan sehingga mengakibatkan suatu risiko gagal bayar ataupun pembiayaan macet yang disebabkan oleh keterlambatan nasabah dalam mengangsur pinjaman pembiayaan ataupun ketidakmampuan nasabah untuk menyelesaikan pinjaman pembiayaan. Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini adalah: bagaimanakah tinjauan Hukum Islam terhadap akad wakalah wal murābaḥah pada Bank BTPN Syariah Cabang Tonjong Brebes dan apakah penanganan terhadap pembiayaan wakalah wal murābaḥah bermasalah di Bank BTPN Syariah Cabang Tonjong Brebes telah sesuai dengan PBI No: 10/18/PBI/2008 tentang Restrukturisasi Pembiayaan bagi BUS dan UUS sebagaimana diubah PBI No: 13/09/PBI/2011? Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan yuridis empiris yaitu dalam menganilisis permasalahan yang dilakukan dengan cara memadukan bahan-bahan hukum (yang merupakan data sekunder) dengan data primer yang diperoleh di lapangan. Analisis yang digunakan adalah secara kualitatif sesuai dengan pokok permasalahan. Hasil dari penelitian ini adalah menerangkan faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya pembiayaan wakalah wal murābaḥah bermasalah pada Bank BTPN Syariah Cabang Tonjong Brebes yaitu tidak sahnya akad pembiayaan karena adanya pengabungan 2 (dua) akad dalam satu kontrak sehingga objek pembiayaan belum dimiliki bank, tidak diperlukannya tanggung renteng oleh anggota sentra karena tidak timbul dalam akad, tidak dilaksanakannya akad yang sesuai dengan kondisi nasabah pembiayaan wakalah wal murābaḥah pada Bank BTPN Syariah Cabang Tonjong Brebes. Sedangkan proses penanganan pembiayaan bermasalah tidak sesuai dengan PBI No. 13/9/PBI/2011 tanggal 8 februari 2011 tentang restrukturisasi pembiayaan bagi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. FUAD, M.A Dr. SRI WAHYUNI, M.Ag.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: wakalah wal murābaḥah, pembiayaan bermasalah, restrukturisasi pembiayaan
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Jul 2017 16:00
Last Modified: 14 Jul 2017 16:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum