BIMBINGAN KARIR BAGI SISWA KELAS XII (STUDI ANALISIS TERHADAP PROGRAM PSG (PEMULUNG SAMPAH GAUL) DAN PERPUSTAKAAN MASUK KELAS DI SMA III ANNUQAYAH GULUK-GULUK SUMENEP MADURA)

MAIDA, NIM. 1520310015 (2017) BIMBINGAN KARIR BAGI SISWA KELAS XII (STUDI ANALISIS TERHADAP PROGRAM PSG (PEMULUNG SAMPAH GAUL) DAN PERPUSTAKAAN MASUK KELAS DI SMA III ANNUQAYAH GULUK-GULUK SUMENEP MADURA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KARIR BAGI SISWA KELAS XII (STUDI ANALISIS TERHADAP PROGRAM PSG (PEMULUNG SAMPAH GAUL) DAN PERPUSTAKAAN MASUK KELAS DI SMA III ANNUQAYAH GULUK-GULUK SUMENEP MADURA))
1520310015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KARIR BAGI SISWA KELAS XII (STUDI ANALISIS TERHADAP PROGRAM PSG (PEMULUNG SAMPAH GAUL) DAN PERPUSTAKAAN MASUK KELAS DI SMA III ANNUQAYAH GULUK-GULUK SUMENEP MADURA))
1520310015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)

Abstract

MAIDA bimbingan karir bagi kelas XII (studi analisis terhadap program PSG (pemulung sampah gaul) dan perpustakaan masuk kelas di SMA III Annuqayah Guluk-guluk Sumenep Madura). Tesis. Yogyakarta; Program Pascasarjana, Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya bimbingan karir bagi kelas XII. Beberapa yang menjadi pokok pikiran adalah siswa kelas XII yang selalu dihadapkan dengan kebingungan untuk mengambil langkah setelah lulus dari SMA. Sebagian dari mereka mempunyai masalah tidak memiliki gambaran sama sekali untuk mengambil tindakan setelah lulus dari sekolah menengah atas. Untuk melanjutkan ke perguruan tingi pun siswa masih menuai masalah antara ketidak selarasan minat dan bakat yang dimilikinya dengan keinginan orang tua siswa. Untuk memulai usaha pun, siswa tidak memiliki pengalaman yang banyak mengenai pekerjaan, baik dalam menjadi karyawan atau pun memulai membangun bisnis sendiri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil latar unit bimbingan karir di SMA III Annuqayah . Sampel peneitian ini menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan analisis data diskriptif yang dikembangkan oleh Milles dan Hubberman yang mencakup tiga kegiatan bersamaan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah, 1) Pelaksanaan program PSG (pemulung sampah gaul) diberikan kepada kelas XII dengan tiga tim kelompok kerja yaitu; tim sampah plastik, tim pupuk organik, dan tim pangan lokal. 2) pelaksanaan program perpustakaan masuk kelas dilaksanakan sebagai upaya membuka cakrawala berpikir siswa dengan penyajian bacaan-bacaan menarik untuk siswa yang berupa dari berbagai jenis tulis tulisan dan berbagai macam tema untuk didskusikan dan membuat karya tulisan. 3) adapun yang menjadi kendala dalam program PSG (pemulung sampah gaul) tiga hal, yitu: terbatanya waktu yang dimiliki siswa, minimnya fasilitas seperti mesin jahit dan dapur khusus untuk tim pangan lokal. 4) kendala bagi program perpustakaan masuk kelas adalah semangat siswa yang tidak stabil, lambatnya koran masuk sekolah, dan minimnya figur dari pihak sekolah dalam menghasilkan karya tulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M. Si
Uncontrolled Keywords: bimbingan karir, pemulung smapah gaul, dan perpustakaan masuk kelas
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jul 2017 09:39
Last Modified: 17 Jul 2017 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26457

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum