FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSISTENSI BANK SUMSEL BABEL SYARIAH DI PALEMBANG

FATIMATUZ ZUHRO, SHI, NIM. 1520310026 (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSISTENSI BANK SUMSEL BABEL SYARIAH DI PALEMBANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSISTENSI BANK SUMSEL BABEL SYARIAH DI PALEMBANG)
1520310026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSISTENSI BANK SUMSEL BABEL SYARIAH DI PALEMBANG)
1520310026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tantangan perkembangan dan persaingan dunia perbankan syariah kini semakin ketat, sebagaimana yang dihadapi oleh lembaga-lembaga keuangan lainnya baik bank maupun non bank. Dengan demikian, eksistensi perbankan syariah semakin dipertanyakan keberadaannya, namun daya saing dan perkembangan perbankan syariah tetap dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat ekonomi daerah. Kecerdasan perbankan syariah dalam memperhatikan nasabah sangat dianjurkan bagi semua pegawai yang terlibat dalam kelembagaan tidak terkecuali satpam bank syariah itu sendiri yang juga wajib memiliki ketangkasan dalam melayani nasabah, oleh karena itu dengan prinsip-prinsip yang ditanamkan bank syariah seperti responsibility, sharia compliance, accessability, tangible dan empathy merupakan penilaian dasar eksistensi perbankan syariah di seluruh wilayah daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Eksistensi Bank Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Bank Sumsel Babel Syariah) di Palembang dalam penggunaan jasa perbankan oleh nasabah. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode uji regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan cara menyebarkan kuesioner dan wawancara yang hanya dilakukan kepada pegawai Bank Sumsel Babel Syariah, tanpa sample nasabah karena tidak diperkenankan mengganggu kenyamanan nasabah baik dengan menyebar kuesioner maupun wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi Eksistensi Bank Sumsel Babel Syariah adalah faktor responsibility, sharia compliance, accessability, tangible dan empathy. Secara simultan maupun parsial variable tersebut memiliki nilai posistif dan signifikan terhadap Eksistensi Bank Sumsel Babel Syariah. Namun, hanya ada tiga faktor yang berpengaruh besar terhadap Eksistensi Bank Sumsel Babel Syariah yaitu factor responsibility (X1) dengan nilai positif dan signifikan 0.006, sharia compliance (X2) dengan nilai positif 0.014, dan accessability (X3) dengan nilai positif dan signifikan 0,014. Artinya Eksistensi Bank Sumsel Babel Syariah sudah mencapai tahap kemajuan dalam mengembangkan pembanguanan ekonomi daerah. Sedangkan faktor tangible (X4) dengan nilai positif dan signifikan 0.005 dan empathy (X5) bernilai positif dan signifikan 0.000. Artinya nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikakn terhadap Eksistensi Bank Sumsel Babel Syariah, namun pengaruhnya tidak sebesar dengan ketiga faktor sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ibnu Qizam, S.E., Akt., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Eksistensi Bank Sumsel Babel Syariah, Responsibility, Sharia Compliance, Accessability, Tangible dan Empathy
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jul 2017 09:56
Last Modified: 17 Jul 2017 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26463

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum