PEMANFAATAN ZAKAT PRODUKTIF SERTA PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN MUSTAHIQ DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS BAZNAS KOTA MAKASSAR)

MUHAMMAD FAKHRI AMIR, LC, NIM. 1520310027 (2017) PEMANFAATAN ZAKAT PRODUKTIF SERTA PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN MUSTAHIQ DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS BAZNAS KOTA MAKASSAR). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN ZAKAT PRODUKTIF SERTA PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN MUSTAHIQ DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS BAZNAS KOTA MAKASSAR))
1520310027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN ZAKAT PRODUKTIF SERTA PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN MUSTAHIQ DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS BAZNAS KOTA MAKASSAR))
1520310027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)

Abstract

Zakat sebagai salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan, memiliki dua aspek, yaitu aspek agama dan aspek sosial ekonomi. Zakat ditinjau dari aspek agama merupakan suatu bukti kepatuhan seorang hamba kepada tuhan, dan dari aspek sosial-ekonomi, zakat memiliki fungsi strategis dalam mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat. Oleh karena itu zakat sering kali disebut sebagai ibadah Maliyah Ijtimaiyyah. Namun fungsi zakat untuk pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan akan terwujud jika zakat tidak hanya didistribusikan dalam bentuk konsumtif, melainkan dalam bentuk produktif, dimana zakat yang peroleh terlebih dahulu dimanfaatkan menjadi suatu usaha, yang kemudian dapat meningkatkan pendapatan dan memberikan penghasilan tetap, sehingga tujuan utama penyaluran zakat dapat terwujud yaitu merubah mustahik menjadi muzakki. Untuk itu dalam penelitian ini yang merupakan field research dengan menggunakan pendekatan metode penelitian kombinasi (mixed methods), dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pemanfaatan zakat produktif pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota Makassar, kemudian untuk mengetahui bagaimana perubahan tingkat pendapatan mustahiq sebelum dan sesudah menerima zakat produktif. Dan terakhir adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memperngaruhi pendapatan mustahiq. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan zakat produktif pada BAZNAS kota Makassar dilakukan dengan dengan dua model yaitu dengan sistem In Kind untuk peningkatan skill mustahiq, dan dengan sistem Qardhul Hasan untuk pembiayaan modal usaha mustahiq. Selain itu diketahui bahwa dari pemanfaatan zakat produktif tersebut benar-benar mampu meningkatkan pendapatan mustahiq, dimana dari 37 responden, sebanyak 33 responden mengalami peningkatan pendapatan. Kemudian dari hasil analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 21, diketahui bahwa secara simultan jumlah zakat, pendampingan usaha, lama usaha, jenis usaha dan pendidikan berpengaruh terhadap tingat pendapatan mustahiq. Namun secara parsial, hanya tiga faktor yang memiliki pengaruh signifikan yaitu jumlah zakat, pendampingan usaha, dan lama usaha, sedangkan faktor jenis usaha dan pendidikan tidak berpengaruh terhadap pendapatan mustahiq.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Fathorrahman Ghufron. M.Si. Dr. Ali Sodiqin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: zakat produktif, pendapatan, kemiskinan, dan pemanfaatan zakat.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jul 2017 09:57
Last Modified: 17 Jul 2017 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum