BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS IX MTS NEGERI SLEMAN KOTA, YOGYAKARTA

EKA KURNIAWAN, NIM. 13220006 (2017) BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS IX MTS NEGERI SLEMAN KOTA, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS IX MTS NEGERI SLEMAN KOTA, YOGYAKARTA)
13220006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS IX MTS NEGERI SLEMAN KOTA, YOGYAKARTA)
13220006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

UN masih menjadi hal yang menakutkan bagi para siswa sekolah karena hal tersebutlah yang menentukan apakah siswa tersebut bisa lulus dari sekolah atau tidak. Untuk itulah kepercayaan diri siswa ketika menghadapi UN sangatlah dibutuhkan terutama kepada siswa yang memiliki kemampuan akademik rata-rata ke bawah yang berpengaruh juga kepada kepercayaan diri dalam menghadapi UN. Oleh karena itu, bimbingan kelompok sangat diperlukan bagi siswa karena dengan bimbingan kelompok, maka akan terjadi interaksi saling mengeluarkan pendapat, memberikan tanggapan, saran dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan tahapan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IX dalam menghadapi UN di MTs Negeri Sleman Kota. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskpriptif kualitatif. Subyek penelitian dari penelitian ini adalah guru BK, wali kelas IX, dan siswa kelas IX. Sedangkan obyek penelitiannya adalah bentuk dan tahapan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IX dalam menghadapi UN. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah bentuk-bentuk bimbingan kelompok yang ada di MTs Negeri Sleman Kota dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menghadapi UN ada tiga macam yaitu Achievement Motivation Training dalam bentuk Home Room, pemantapan materi melalui pelajaran bimbingan dan bimbingan keagamaan. Sedangkan tahapan bimbingan kelompok di MTs Negeri Sleman Kota untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menghadapi UN terdiri dari tahapan pembentukan, tahapan peralihan, tahap pelaksanaan dan tahap penutupan. Masing-masing bentuk memiliki bentuk tahapan masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S.Ag.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Kepercayaan Diri, Ujian Nasional
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 14:00
Last Modified: 31 Jul 2017 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum