BIMBINGAN ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAQUL KARIMAH SANTRI DI ASRAMA MAHASISWA DAARUL HIKMAH (DEMANGAN BARU, GONDOKUSUMAN, YOGYAKARTA)

NASHIH ‘ULWAN AZ ZUHDI, NIM. 13220043 (2017) BIMBINGAN ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAQUL KARIMAH SANTRI DI ASRAMA MAHASISWA DAARUL HIKMAH (DEMANGAN BARU, GONDOKUSUMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAQUL KARIMAH SANTRI DI ASRAMA MAHASISWA DAARUL HIKMAH (DEMANGAN BARU, GONDOKUSUMAN, YOGYAKARTA))
13220043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAQUL KARIMAH SANTRI DI ASRAMA MAHASISWA DAARUL HIKMAH (DEMANGAN BARU, GONDOKUSUMAN, YOGYAKARTA))
13220043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bimbingan Islam yang ada di Asrama Mahasiswa Daarul Hikmah dalam upaya pembentukan akhlaqul karimah. Banyak proses bimbingan Islam yang menjadikan para Mahasiswa/Santri semakin tertantang untuk banyak belajar tentang materi keislaman, kegiatan Islami, potensi diri, perkembangan karakter, serta sebuah tali persaudaraan yang terajut dengan baik. Asrama Mahasiswa Daarul Hikmah beralamatkan di Jl. Bimokurdo Gg. 1, RT. 28, RW. 08, Kel. Demangan Baru, Kec. Gondokusuman, Yogyakarta. Penelitian ini disusun dengan menggunakan rumusan masalah, bagaimana jenis bimbingan Islam di Asrama Mahasiswa Daarul Hikmah dalam membina Santrinya untuk memiliki akhlaqul karimah. Subjek penelitian ini adalah Santri dan juga Pembina sedangkan objeknya adalah proses bimbingan Islam yang ada. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk penelitian lapangan dan bersifat kualitatif. Cara mengumpulkan datanya menggunakan sensus dengan memakai instrumen wawancara, kuesioner, dokumentasi maupun observasi langsung ke lapangan. Dengan menafsirkan data yang berkenaan dengan fakta, keadaan, variabel, dan fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung serta menyajikannya apa adanya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa jenis bimbingan Islam yang dimaksud adalah berbentuk seluruh bimbingan di Asrama yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu : Bimbingan Jasmani, Bimbingan Rohani, dan Bimbingan Akal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam, Santri, Akhlaqul Karimah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 14:15
Last Modified: 31 Jul 2017 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26502

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum