METODE BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENGATASI KECEMASAN TERHADAP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

NOVAN DWI PRIYONO, NIM. 13220045 (2017) METODE BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENGATASI KECEMASAN TERHADAP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENGATASI KECEMASAN TERHADAP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
13220045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENGATASI KECEMASAN TERHADAP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
13220045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Orang sakit (pasien) ketika kondisi fisiknya terganggu tentu akan berdampak pula terhadap kondisi psikologis dan spiritualnya. Pasien yang dirawat tentu akan mengalami kecemasan terhadap penyakit yang dideritanya sehingga memerlukan bimbingan rohani. Pelayanan kesehatan di rumah sakit tentu juga harus memperhatikan faktor psikologis dan spiritual, agar pasien mampu mencapai kesembuhan baik fisik, psikis dan spiritual. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah pasien gagal ginjal kronik dan rohaniawan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Obyek dalam penelitian ini adalah metode bimbingan rohani Islam yang dilakukan rohaniawan terhadap pasien gagal ginjal kronik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode dan hasil bimbingan rohani Islam dalam mengatasi kecemasan pasien gagal ginjal kronik di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Manfaat yang didapat dari penelitian ini antara lain secara teoritis yaitu mampu memberi informasi mengenai bimbingan rohani Islam dalam mengatasi kecemasan kepada pasien. Secara praktis, penelitian ini diharapkan mampu memberi masukan dan acuan dalam pengembangan pelaksanaan bimbingan rohani Islam bagi pembimbing (rohaniawan) Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bimbingan rohani Islam dalam mengatasi kecemasan pasien gagal ginjal kronik di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta adalah percakapan pribadi, ceramah agama, pemutaran dzikir dan ayat-ayat Al-Quran, serta pemberian buku-buku do’a dan dzikir. Sedangkan hasilnya adalah metode bimbingan rohani Islam tersebut mampu mengatasi kecemasan terhadap pasien gagal ginjal kronik di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. MUHAMMAD HAFIUN
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam, Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronik
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 14:13
Last Modified: 31 Jul 2017 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26506

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum