BIMBINGAN KARIER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMIJAT(MASSAGE) DIFABEL NETRA DI BADAN SOSIAL MARDI WUTO, YOGYAKARTA

ICHA DWI RENATA, NIM. 13220057 (2017) BIMBINGAN KARIER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMIJAT(MASSAGE) DIFABEL NETRA DI BADAN SOSIAL MARDI WUTO, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KARIER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMIJAT (MASSAGE) DIFABEL NETRA DI BADAN SOSIAL MARDI WUTO, YOGYAKARTA)
13220057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KARIER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMIJAT (MASSAGE) DIFABEL NETRA DI BADAN SOSIAL MARDI WUTO, YOGYAKARTA)
13220057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Karier merupakan salah satu hal yang penting bagi kehidupan seseorang, tidak terkecuali bagi seorang difabel netra. Oleh karena itu, seorang difabel netra memerlukan suatu bimbingan karier berupa pelatihan keterampilan. Keterampilan pijat menjadi salah satu keterampilan yang dapat dijadikan karier bagi difabel netra. Pemberian keterampilan pijat mampu memaksimalkan kondisi fisik dirinya. Adanya suatu proses dalam pemberian bimbingan perlu untuk diperhatikan. Sebab proses dari diadakannya bimbingan berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan difabel netra dalam menjalani keterampilan. Penelitian ini membahas mengenai tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaan bimbingan karier di bidang memijat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah instruktur keterampilan, tiga staf pegawai dan empat peserta keterampilan pijat. Sedangkan objek penelitian adalah tahapan dari pelaksanaan bimbingan karier dalam meningkatkan keterampilan memijat difabel netra di Badan Sosial Mardi Wuto. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Validitasi data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Adapun analisis data yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat tahapan bimbingan karier dalam meningkatkan keterampilan memijat difabel netra, yaitu tahap perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, evaluasi. Adanya keterkaitan antara satu tahap dengan tahap lainnya berdampak terhadap keberhasilan dari pelaksanaan suatu program bimbingan yang sesuai dengan tujuan yakni memberdayakan difabel netra menuju dalam kemandirian dan peningkatan kualitas hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin Kalida, S.Ag, M.A
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karier, Keterampilan Memijat Difabel Netra
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 13:52
Last Modified: 31 Jul 2017 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26508

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum