IMPLEMENTASI DAN PEMAHAMAN AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, RESPONSIBILITAS SERTA FAIRNESS TERHADAP KINERJA PENGELOLA ZAKAT DI BAITUL MAL ACEH

CUT NOER HALIMAH, NIM. 1520310082 (2017) IMPLEMENTASI DAN PEMAHAMAN AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, RESPONSIBILITAS SERTA FAIRNESS TERHADAP KINERJA PENGELOLA ZAKAT DI BAITUL MAL ACEH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI DAN PEMAHAMAN AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, RESPONSIBILITAS SERTA FAIRNESS TERHADAP KINERJA PENGELOLA ZAKAT DI BAITUL MAL ACEH)
1520310082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI DAN PEMAHAMAN AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, RESPONSIBILITAS SERTA FAIRNESS TERHADAP KINERJA PENGELOLA ZAKAT DI BAITUL MAL ACEH)
1520310082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini membahas masalah penelitian yang telah diuji yakni tentang pemahaman dan implementasi prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas serta fairness terhadap kinerja pengelola zakat di Baitul Mal Aceh dengan tujuan untuk menguji pengaruh pemahaman dan implementasi prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibiltas serta fairness terhadap kinerja pengelola zakat di Baitul Mal Aceh, dengan alasan penelitian ini menjadikan prinsip-prinsip tersebut sebagai variabel untuk mengukur tingkat pemahaman dan implementasinya terhadap kinerja pengelola zakat di Baitul Mal Aceh. Kehadiran Baitul Mal Aceh adalah untuk mengisi peluang ini dan menjawab berbagai tantangan aktual yang dihadapi masyarakat Islam di Aceh dengan memanfaatkan kekuatan yang ada pada mereka sendiri, khususnya kekuatan ekonomi. Objek penelitian di 4 Baitul Mal Aceh Provinsi/ Kabupaten/ Kota dengan teknik pengambilan sampel penelitian yaitu menggunaka random sampling, Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 48 karyawan di Baitul Mal Aceh sebagai responden. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif dengan metode deskriptif, uji instrumen penelitian, Uji Prasyarat analisis, Model analisis regresi berganda, Uji F dan Uji T. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pemahaman dan implementasi prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibiltas serta fairness berpengaruh positif terhadap kinerja pengelola zakat di Baitul Mal Aceh. Hasil uji regresi terhadap pemahaman dan implementasi prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibiltas serta fairness berpengaruh signifikan positif. Hasil ini setara dengan hipotesis dalam penelitian ini yang berargumen bahwa kinerja pengelola zakat di Baitul Mal Aceh telah efektif karena melihat antusias muzakki dalam mengeluarkan zakat di Aceh sangat tinggi, pendistribusian zakat kepada para mustahik dilakukan secara adil dan merata, dan adanya informasi laporan penyaluran zakat yang dipublikasikan kepada pihak yang berkepentingan seperti para muzakki dan masyarakat yang mengindikasikan bahwa adanya prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas dan fainess di Baitul Mal Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Syafiq M. Hanafi, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Baitul Mal, Aceh, Zakat, Mustahik, Muzakki, Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Fairness
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jul 2017 11:45
Last Modified: 17 Jul 2017 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26533

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum