KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME(Studi Kasus Di SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap, Jawa Tengah)

NADIA FAUZIA, NIM. 13220110 (2017) KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME(Studi Kasus Di SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap, Jawa Tengah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME (Studi Kasus Di SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap, Jawa Tengah))
13220110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSELING INDIVIDU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME (Studi Kasus Di SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap, Jawa Tengah))
13220110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program konseling individu yang dilakukan guru BK dalam motivasi belajar siswa dari keluarga broken home, yaitu kondisi keluarga yang tidak harmonis dan tidak berjalan layaknya keluarga yang rukun, damai, sejahtera karena sering tejadi keributan serta perselisihan yang menyebabkan petengkaran dan berakhir perceraian. Kondisi tersebut mempengaruhi psikis anak sehingga motivasi untuk belajar menjadi berkurang. Anak yang berasal dari keluarga yang broken home biasanya terpengaruh oleh kehidupan keluarganya karena melihat permasalahan di antara orang tuanya atau tidak diperhatikan lagi, sehingga merasa terabaikan, sehingga hilangnya semangat untuk belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana langkah pelaksanaan konseling individu dalam motivasi belajar siswa dari keluarga broken home di SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan langkah pelaksanaan konseling individu dalam motivasi belajar siswa dari keluarga broken home. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1 guru BK dan 1 siswa dari keluarga broken home. Objek penelitian adalah langkah pelaksanaan konseling individu dalam motivasi belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah konseling individu terdiri dari: langkah awal: pembinaan hubungan baik dengan klien, memperjelas dan mendefinisikan masalah, membuat penafsiran dan penjajakan, negoisasi kontrak. Langkah kerja: menjelajahi dan mengeksplorasi masalah, menjaga agar hubungan tetap terpelihara, proses konseling berjalan sesuai kontrak. Langkah pengakhiran: memutuskan perubahan sikap dan perilaku yang memadahi, terjadinya transfer of learning pada diri klien, dan pengakhiran dengan evaluasi dan perencanaan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin Kalida, S. Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: konseling individu, motivasi belajar, broken home
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 14:01
Last Modified: 31 Jul 2017 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26534

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum